Safari Ramadan Ke FK, FKG DAN FKEP, REKTOR: Bulan Ini Satu Gedung ditender

04.05.2021 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng beserta para wakil rektor kembali melaksanakan safari ramadan. Kali ini rektor visit secara daring ke Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Fakultas Keperawatan (FKEP). Kegiatan ini merupakan silahturahmi rutin antara pimpinan USK dengan seluruh fakultas di lingkungan kampus ini setiap bulan ramadan.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dekan FKEB, Dr. Hajjul Kamil, S.Kp., M.Kep. Silaturrahmi ini merupakan upaya pendekatan dan peningkatan hubungan kerja antara pimpinan universitas dengan fakultas beserta stafnya. Di sini pimpinan dapat menjaring aspirasi dari pegawainya dan para pegawai juga dapat menyampaikan aspirasi mereka secara langsung kepada pimpinan universitas.

Safari ramadhan kali ini banyak membahas tentang kegiatan perkuliahan selama masa Covid-19. Dr. Hajjul Kamil menyampaikan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan evaluasi sesuai dengan surat edaran Rektor dan arahan satgas Covid-19 USK.  "Kita terus memantau kasus demi kasus yang terjadi," ucapnya.

Selain itu, Dekan FKEP turut menginformasikan, kemarin waktu pihaknya sudah melakukan empat kali workshop untuk akreditasi Internasional, ASIIN untuk prodi tahap akademik dan prodi tahap pendidikan profesi. " Jadi saat melakukan ini,  tiga fakultas bekerjasama: FK, FKG dan FKEP," terang Dr. Hajjul Kamil.

Terkait gedung yang mangkrak di samping gedung FKEP, Dekan mengakatakan, saat ini proses untuk tahap selanjutnya terus berlangsung antara PUPR Pusat dengan PUPR Aceh dengan tim perencanaan USK. Pihaknya berharap dukungan rektor, kiranya proses pelelangan ini berjalan seperti yang diharapkan.

"Kemudian, kami saat ini sedang all out menyiapkan revisi kurikulum. Tiga prodi di S1, S2 dan Pendidikan Profesi," jelas Dekan FKEP.

Menanggapi hal tersebut, Prof. Samsul Rizal menjelaskan, terkait gedung mangkrak di FKEP, saat ini sedang diselesaikan oleh kementrian, dalam hal ini akan dikerjakan PUPR. Rektor juga berharap semoga dalam tahun ini pengerjaannya bisa langsung dimulai.

"Untuk gedung kedokteran, insya Allah dalam bulan ini akan kita tender. Juga FKG, akan kita selesaikan yang Blok Utara," tutur Rektor.

Di sisi lai, Prof. Samsul Rizal kembali mewanti-wanti proses pelaksaan kegiatan di kampus lebih hati-hati, karena persentase positif di Aceh meningkat tajam akhir-akhir ini. Itulah mengapa, Rektor mengeluarkan kebijakan cepat untuk kembali kuliah daring. Rektor berpesan, agar pihak kesehatan di USK dapat mengambil peran.

"Untuk teman-teman di kesehatan USK, saya berharap dapat memberikan pencerahan soal Covid-19 untuk masyarakat, mungkin juga untuk pemangku kebijakan," pintanya.