Safari Ramadhan Rektor Unsyiah dan Rombongan ke Fakultas Pertanian

17.05.2019 admin

Rektor Unsyiah Bapak Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan rombongan melaksanakan Safari Ramadhan ke Fakultas Pertanian pada tanggal 16 Mei 2019. Acara yang dihadiri oleh dosen dan karyawan FP tersebut berlangsung selama 2,5 jam. Dekan FP Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc. bertindak sebagai moderator pada acara yang berlangsung  di Ruang Multi Purpose Room (MPR) FP.  Rektor Unsyiah Bapak Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., pada tahap awal mengemukakan kebanggaan kepada seluruh dosen FP Unsyiah yang memiliki keunggulan dalam penerimaan proposal penelitian sebanyak 85 % dan masuk kategori 3 besar untuk penerima dana penelitian tahun 2019. Lebih lanjut juga Rektor Unsyiah merasa bangga dan senang karena kontribusi dosen FP Unsyiah untuk karya ilmiah/jurnal yang terindeks Scopus termasuk tinggi. “Alhamdulillah FP, bersama FT dan MIPA selalu masuk tiga besar dalam ajang penelitian yang diterima dan publikasi dosen yang terindek Scopus. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan ke depan”.  Namun disisi lain Rektor Unsyiah mengharapkan agar jumlah Guru Besar atau Profesor segera ditingkatkan. Keberadaan Profesor yang terbanyak selama ini dipegang oleh FP, dan satu tahun terakhir beralih ke FT. Sehubungan dengan hal tersebut, Rektor mengharapkan agar FP kembali mengambil alih jumlah Profesor terbanyak dijajaran Unsyiah. Hal tersebut memungkinkan dicapai karena banyak staf pengajar FP yang berpotensi untuk itu.  Selanjutnya Rektor Unsyiah juga banyak menceritakan tentang sejarah dan keberadaan Unsyiah dari awal berdiri hingga berbagai kemajuan yang dicapai sekarang.

Acara yang berlansung penuh keakraban tersebut juga diisi dengan tanya jawab  antara Rektor Unsyiah Bapak Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dengan dosen dan karyawan FP yang hadir. Tercatat ada 16 peserta Safari Ramadhan 2019 berkesempatan memberikan pertanyaan, masukan, dan ironisnya ada juga beberapa permintaan untuk peningkatan kualitas akademik. Rata-rata penanya dari berbagai Jurusan/Prodi di lingkungan FP memohon bantuan dan perhatian yang penuh kepada Rektor Unsyiah untuk penguatan insfratruktur dan peralatan Laboratorium. Dalam menanggapi pertanyaan dan permintaan tersebut Bapak Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng, menyambut baik dan akan memenuhi permintaan tersebut demi terciptanya suasana laboratorium yang mendukung untuk kegiatan praktikum, penelitian dan publikasi ilmiah. Potensi Lab. Kultur Jaringan, Lab. Bioteknologi, Lab. Hortikultura dan  LLP serta beberapa laboratorium yang terkait dengan bidang Peternakan, Teknik Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, Proteksi Tanaman dan seluruh laboratorium lainnya di lingkungan FP diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya. “Setiap laboratorium harus produktif dan mampu menghasilkan jurnal internasional sesuai dengan kepakaran yang dikembangkan oleh laboratorium yang bersangkutan dan harus ada produk yang dikembangkan untuk menunjang posisi BLU Unsyiah untuk saat ini dan ke depan,” tambah Rektor Unsyiah,  yang dalam pertemuan tersebut turut didampingi oleh Wakil Rektor, Ketua Lambaga dan Kepala Biro dijajaran Unsyiah.    Rektor Unsyiah juga mengharapkan fasilitas laboratorium yang kurang dan perlu direnovasi segera ditindaklanjuti dan tidak perlu menunggu tahun depan.

Menariknya dalam pertemuan tersebut juga ada beberapa pertanyaan yang mengarah ke peningkatan kesejahteraan. Rektor Unsyiah menanggapi pertanyaan tersebut dengan membenarkan bahwa THR tetap ada. Setiap fakultas sudah boleh mengusulkan untuk dapat diproses agar semua dosen dan karyawan termasuk tenaga kontrak dan honorer di lingkungan Unsyiah mendapat THR sebagaimana mestinya. Disamping itu Rektor Unsyiah juga mengharapkan agar staf Unsyiah memiliki tingkat produktifitas dan etos kerja yang tinggi. Menanggapi saran dari salah satu dosen FP yang hadir agar FB, twitter dan berbagai aplikasi game ditutup pada saat jam kerja juga mendapat tanggapan yang sangat baik dari Rektor dan akan dikaji kembali, mengingat beberapa tahun yang lalu hal tersebut pernah dilakukan.  Secara keseluruhan cara Safari Ramadhan 2019 di FP Unsyiah berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan sesi foto bersama antara Rektor Unsyiah dan seluruh staf FP yang hadir.