Seluruh ATM lingkungan Unsyiah Disemprot Disinfektan

27.03.2020 Humas

Universitas Syiah Kuala mulai menyemprotkan disinfektan pada seluruh ATM yang ada di lingkungan Unsyiah. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat terhadap risiko dari penyebaran virus corona (Covid-19) saat menggunakan mesin tarik tunai mandiri tersebut. (Banda Aceh, 27/3/2020).

Wakil Rektor I Prof. Dr. Marwan menjelaskan, penyemprotan disinfektan ini melibatkan mahasiswa yaitu dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Unsyiah. Kegiatan ini merupakan  salah satu upaya Unsyiah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Mengingat penyebaran dari wabah ini kian hari semakin mengkhawatirkan.

“Karena kita tahu ATM ini adalah tempat yang paling rentan terkena virus. Banyak orang yang datang ke sana,” ucapnya.

Selain itu, Marwan juga menjelaskan, kegiatan penyemprotan ini juga telah berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Aceh. Sebab pihak BI telah mengeluarkan himbauan untuk menjaga higienitas pada setiap kantor operasional bank dan mesin ATM. Untuk itulah, Kepala BI Wilayah Aceh sangat mengapresiasi atas inisiatif Unsyiah untuk melakukan kegiatan penyemprotan ini.

Sebelumnya, Unsyiah telah melakukan penyemprotkan disinfektan pada beberapa fakultas. Di hari pertama, kegiatan penyemprotan difokuskan pada Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Penyemprotan disinfektan ini berlangsung dari pagi hingga menjelang siang dengan mengerahkan dua unit alat semprot.

“Lalu pada hari ini, Unsyiah juga melakukan penyemprotan di Fakultas Hukum. Kegiatan ini nantinya akan terus dilakukan hingga menjangkau seluruh fakultas di Unsyiah," ucap Marwan.

Selain melakukan penyemprotan, Unsyiah juga terus bergerak untuk menekan penyebaran virus covid-19. Langkah ini juga terlihat dengan pembentukan satuan tugas (Satgas) covid-19 serta memproduksi hand sanitizer yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat umum.