SMMPTN Barat Jalur Terakhir Masuk Unsyiah

15.07.2019 Humas

Sebanyak 2.715 peserta telah mendaftar dalam Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi wilayah barat (SMMPTN BARAT) 2019 di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Jumlah ini diprediksikan akan terus bertambah hingga penutupan pendaftaran besok Selasa, 16 Juli 2019 pukul 10.00 WIB.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., menyebutkan dari jumlah tersebut, tercatat pendaftar di kelompok ujian Sain dan teknologi (Saintek) sebanyak 1.220, sosial dan humaniora (Soshum) 1.329, dan campuran 166. Ia menambahkan jumlah pendaftar SMMPTN di Unsyiah terus meningkat, terlebih lagi setelah pengumuman Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada Selasa minggu kemarin.

 “SMMPTN Barat merupakan kesempatan terakhir bagi para calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikannya di Unsyiah,” ujar Prof Samsul, Senin (15/7).

Pendaftaran seleksi SMMPTN Barat telah dibuka sejak 1 Mei 2019 lalu. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ hingga tanggal 16 Juli 2019 nanti. Tapi sebelumnya, calon peserta harus terlebih dahulu mendapatkan Kode Pembayaran dan PIN melalui bank Mandiri, BNI, atau BTN hingga batas waktu 15 Juli 2019. Dijadwalkan ujian tulis SMMPTN Barat akan berlangsung pada Kamis, 18 Juli 2019 dan ujian keterampilan pada Jumat-Sabtu, 19-20 Juli 2019.

“Kami harapkan bagi yang kurang beruntung di SBMPTN dapat memanfaatkan kesempatan di SMMPTN Barat. Segala informasi penerimaan jalur ini bisa diakses di website www.smmptnbarat.id”.

Untuk tahun ini, Unsyiah terlibat dalam seleksi SMMPTN Barat bersama 14 perguruan tinggi lainnya, seperti Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudera (Unsam).

Sebelumnya, sebanyak 3.025 peserta lulus di Unsyiah melalui jalur Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 2.039 peserta lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).