Tiga Dosen Unsyiah Beri Pelatihan Ibu di Desa Rukoh

26.06.2020 Humas

Tiga dosen Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) memberikan pelatihan bagi ibu-ibu PKK di Desa Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Kegiatan ini berlangsung di kantor PKK desa tersebut, Selasa (23/6/2020). Pelatihan ini mengangkat tema “Pemberdayaan SDM Perempuan Dalam Rangka Mendorong Motivasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Melalui Keterampilan Menyulam Jilbab.”

Kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Dr. Fadhilah, M.Pd (FKIP Unsyiah), Dr. Muliati Usman, S.E. (FEB Unsyiah), dan Dahlia, S.Psi., M.Sc (FK Unsyiah) berupa ceramah, diskusi dan praktek sesuai dengan bidang kepakaran masing-masing.

Tim pengabdian merancang konsep pendekatan ekonomi sebagai salah satu strategi menangani perekonomian keluarga yang tentunya adalah isu penting untuk segera diselesaikan dengan tepat.  Dari berbagai permasalahan yang dihadapi oleh SDM perempuan, tim pelaksana pengabdian berupaya untuk melihat berbagai potensi yang dapat diupayakan sebagai solusi bagi permasalahan yang di hadapi oleh SDM perempuan yang dalam hal ini adalah ibu-ibu PKK di Gampong Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh.

Pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga ini dapat diupayakan melalui kegiatan wirausaha yang dapat dilaksanakan oleh ibu-ibu bersamaan pada saat mereka menjalankan tugas dan fungsinya sebagai ibu rumah tangga.  Oleh karena itu, solusi tepat dengan memberikan ketermpilan menyulam jilbab dianggap oleh Tim Pelaksana Pengabdian sebagai upaya yang efektif guna mengatasi permasalahan ekonomi keluarga melalui kewirausahaan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan Ibu-Ibu Gampong Rukoh dalam rangka memberdayakan diri mereka sebagai SDM perempuan yang mandiri melalui peningkatan kemampuan dan pengetahuan dalam mengimplementasikan  kewirausahaan sehingga mampu mengambil peran sebagai enterpreneur wanita yang sukses melalui penguasaan dalam menyulam jilbab sebagai modal dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Para peserta terlihat sangat antusias terhadap pelatihan yang diselenggarakan dan berharap akan ada keberlanjutan program  pelatihan ini kedepannya. Melalui pengembangan konsep pelatihan ini diharapkan Ibu-Ibu PKK Gampong Rukoh sebagai mitra akan mendapatkan manfaat dari kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh tim pengabdian dari Universitas Syiah Kuala.