Tiga Mahasiswa USK Raih Juara III Lomba Karya Tulis Nasional TOC

24.11.2022 Humas

Tiga mahasiswa Universitas Syiah Kuala berhasil meraih prestasi yang bergengsi di tingkat nasional. Tim dari Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang diketuai oleh Arif Hidayatullah dengan anggotanya Afriani dan Rasyiqah Syalaisha Zahry meraih juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah pada event This Is Our Care (TOC) yang diadakan oleh BEM FKep Universitas Padjajaran tahun 2022.

Tim dari Fakultas Keperawatan USK ini  di bawah bimbingan Dr. Ns. Hilman Syarif, M.Kep.,Sp.Kep.M.B menciptakan karya tulis ilmiah dengan judul “ Madrasah Remaja Anti HIV Sebagai Upaya Pencegahan Penularan HIV”, yang berbentuk sebuah program kegiatan promosi kesehatan dengan menggabungkan unsur kesehatan dan keislaman dalam menangani peningkatan kasus HIV pada remaja.

Menurut Arif, prevalensi kasus HIV di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun khususnya pada usia remaja. Hal ini dikarenakan beberapa faktor salah satunya yaitu pergaulan bebas. Pergaulan remaja di era sekarang ini sudah sangat bebas tanpa mematuhi norma-norma yang berlaku sesuai agama, budaya, dan hukum.

Usia adalah usia transisi dari anak-anak ke dewasa yang merupakan usia yang sangat sulit untuk diatur dan mengikuti aturan. Oleh karena itu, perlu adanya usaha dari pemerintah dan tenaga kesehatan serta lembaga terkait untuk mengatasi permasalahan ini.

Pentingnya promosi kesehatan pada remaja sejak dini dalam mencegah terjadinya penularan HIV pada kalangan remaja dengan inovasi program yang lebih spesifik dan menarik.

Salah satu dengan inovasi program yang menggabungkan keilmuan kesehatan dan keislaman/keagaman,” ujar Afri.

Selanjutnya, mereka turut menyampaikan syukur atas keberhasilan ini. Mereka berharap, capaian ini bisa memberikan semangat baru untuk melakukan inovasi baru dalam menangani masalah-masalah yang ada khususnya dalam dunia kesehatan.

Tim LKTI USKmengucapkan terima kasih kepada Dekanat Fakultas Keperawatan yang sudah memfasilitasi dan mendukung penuh dalam proses pendaftaran serta kepada pembimbing yang memfasilitasi dalam penyiapan karya.

Kegiatan This Is Our Care (TOC) 2022 mengusung tema “Penekanan Angka Kasus HIV/AIDS dengan Intervensi Kolaboratif Menuju Indonesia Bebas HIV/AIDS” dan terdapat 5 cabang lomba diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), English Essay, English Debate, Poster, dan Bantuan Hidup Dasar (BHD). Event ini berlangsung secara online dan offline mulai dari tanggal 22 Agustus 2022 dan Pengumuman pada tanggal 5 November 2022.

Cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) diikuti oleh lebih dari 20 tim dengan finalis tim yang masuk final untuk mempresentasikan karyanya sebanyak 7 tim. Tim dari USK masuk menjadi salah satu finalis yang mempresentasikan karyanya pada tanggal 5 November 2022 bersama dengan universitas lain seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, dan Universitas lainnya diseluruh Indonesia.