Tim Riset USK Bersaing Di Ajang RESPON 2021

16.02.2021 Humas

Tim Universitas Syiah Kuala (USK) yang diwakili oleh Andriy Anta Kacaribu dan Cut Maryam (FMIPA Kimia 2018) berhasil masuk ke-23 besar dalam ajang Research and Engineering Studies Petro Oxo Nusantara (RESPON) 2021. Dalam kompetisi karya tulis ilmiah yang diadakan oleh Petro Oxo Nusantara ini, tim USK dibimbing oleh Prof. Dr. Rahmi, salah satu dosen FMIPA USK. Meski belum berhasil melaju ke tahap final, tim USK telah mengalahkan ratusan peserta lainnya yang mengikuti ajang ini, sehingga berhasil menempati posisi ke-23.

Karya tulis ilmiah yang mereka ajukan dalam ajang ini adalah terkait “Pemanfaatan Membran Untuk Menghasilkan Hidrogen dengan Kemurnian Tinggi dalam Proses Pemisahan Senyawa Kimia Sebagai Energi Terbarukan”.

Saat ini kebutuhan energi di Indonesia sebagian besar masih didominasi oleh penggunaan bahan bakar fosil (batubara, minyak bumi). Sementara, ketergantungan terhadap bahan bakar fosil bisa menyebabkan menispisnya cadangan minyak bumi. Hal inilah yang menjadi acuan tim USK menulis tema ini.

Hidrogen adalah bahan bakar yang banyak mendapatkan perhatian untuk dikembangkan saat ini. Selain lebih ramah terhadap lingkungan, hydrogen juga berpotensi menggantikan bahan bakar fosil. Ada banyak manfaat dari hidrogen mulai dari bahan bakar untuk transportasi, juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk produksi pupuk, pengilangan minyak atau petrokimia dan industri lainnya.

Energi yang berasal dari bahan hidrogen adalah energi yang tersedia yang sifatnya bersih, yang hanya melepaskan panas dan air sebagai produk sampingnya. Selain itu, hidrogen sama sekali tidak melepaskan emisi karbon ke atmosfer.

Sampai saat ini, produksi hidrogen masih mengandalkan pada penggunaan bahan bakar fosil (gas alam atau bahan bakar fosil lainnya) sebagai bahan baku. Dalam karya tulis yang disusun oleh tim USK dikatakan bahwa dengan menggunakan teknologi membran, kita bisa mendapatkan energi hidrogen sebagai energi yang dapat diperbarui dan tidak memberikan dampak buruk atau dampak emisi bagi bumi.

RESPON 2021 merupakan lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional sebagai wadah bagi mahasiswa Indonesia dalam upaya membantu pemerintah merealisasikan pemaksimalan industri petrokimia. Kegiatan ini juga menjadi sarana mahasiswa memberikan gagasan, ide, menjalin sinergitas, serta membangun relasi.