Unsyiah dan University Malaysia Pahang Selenggarakan Icates-2

14.09.2020 Humas

Jurusan Teknik Pertanian Unsyiah bersama University Malaysia Pahang akan menyelenggarakan pertemuan para ilmuan dari berbagai negara melalui The 2nd International Conference on Agricultural Technology and Engineering, and Environmental Sciences (ICATES) 2020, di Banda Aceh 21 – 22  September 2020.

Ketua Jurusan Teknik Pertanian Unsyiah, Dr. rer. Nat. Indera Sakti Nasution menjelaskan, kegiatan ini merupakan pertemuan ke-2 lanjutan dari pertemuan tahun 2019 yang lalu.

“Kita menghimpun para ilmuan internasional untuk mendapatkan konsep-konsep baru dalam perkembangan global di bidang pembangunan pertanian di era revolusi indutri 4.0,” ucapnya.

Oleh karena itu, tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah  “Emerging Novel Research in Agriculture, Engineering, and Environmental Sciences”.

Melalui kegiatan ini, riset-riset yang ada di berbagai negara nantinya akan dihimpun dalam dokumen publikasi ilmiah agar dapat dilakukan kajian lanjutan serta adaptasi, untuk melihat kemungkinan penerapan di Aceh dan Indonesia pada umumnya.

Indera Sakti berharap, event ini akan memperluas networking dan kerja sama yang produktif dengan berbagai universitas baik di dalam maupun di luar negeri.

“Sehingga  perkembangan penerapan teknologi di bidang pertanian dan lingkungan kita mampu berakselerasi dengan baik,” ucapnya.

Ketua Panitia pelaksana ICATES-2 Dr. Ichwana, ST., MP menjelaskan, penyelenggaraan ajang tahunan Jurusan Teknik Pertanian ini adalah hasil kerja sama dengan beberapa pihak. Seperti University Malaysia Pahang, Politeknik Aceh Selatan dan Pusat Riset Mekanisasi Pertanian Unsyiah.

Menurutnya, penyelenggaran ICATES-2  tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya keynote speaker dan semua peserta dapat berkumpul di Banda Aceh, untuk tahun ini dengan kondisi pandemic Covid-19 maka pelaksanaannya secara virtual melalui zoom conference dan tayang melalui youtube channel.

 “Walaupun virtual, kami sudah membuat konsep acara dengan matang tanpa mengurangi substansi conference. Kami menerima berbagai artikel ilmiah dengan lingkup topic,” ungkap Ichwana

Hingga saat ini telah terdaftar sebanyak 111 artikel yang akan dipaparkan secara parallel. Semuanya berasal dari Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Thailand, dan Jepang.

Pada sesi keynote speaker sudah terkonfirmasi hadir Prof. Dr. Jens K. Wegener, dari Julius Kühn Institute (JKI), Braunschweig, Germany, sementara pada sesi invited speaker kita akan hadirkan; Prof. Dr. Lilik Sutiarso, M.Eng, dari Universitas Gadjah Mada.

Lalu Dr. rer.nat. Shahril Anuar Bahari, dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia; dan Dr. Amro Babiker Hasan Eltayeb, dari King Saud University, Saudi Arabia.

Konferensi ini terbuka untuk umum sebagai peserta non presenter, yang biasanya akan diramaikan oleh Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (PERTETA), Dosen dan Mahasiswa seluruh Indonesia, Ikatan Alumni Teknik Pertanian Unsyiah (IKATETA), Lembaga/Institusi Pemerintah pusat dan daerah yang terkait, serta Perusahaan dan Lembaga Non Pemerintah.

“Bagi peserta umum yang akan berpartisipasi dapat melihat informasi pendaftaran pada web ICATES http://icates.unsyiah.ac.id/,” jelas Dr. Ichwana.