Unsyiah Gelar Halalbihalal

14.06.2019 Humas

Universitas Syiah Kyala (Unsyiah) melaksanakan halalbihalal bersama sivitas akademika dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsyiah. Kegiatan ini berlangsung di Gedung IKA Unsyiah, Kamis pagi (13/6).

Ketua IKA Unsyiah, Sulaiman Abda, mengatakan kegiatan ini untuk mempererat keakraban dan menjalin silahturahmi antaralumni dan civitas akademik Unsyiah. Sebab dengan bertemu langsung dapat membahas dan memikirkan kemajuan Unsyiah dan Aceh.

Sulaiman Abda juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung penyelenggaraaan MTQ Mahasiswa Nasional (MTQMN) yang akan berlangsung bulan depan di Unsyiah. Ia berharap semua pihak dapat mengambil peran agar kegiatan ini sukses dan meninggalkan kenangan baik bagi peserta.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutan yang dibacakan oleh Plt Sekda Aceh mengatakan, Pemerintah Aceh menyambut baik kolaborasi yang terbangun selama ini antara Pemerintah Aceh dan Unsyiah sebagai jantung hati rakyat Aceh.

“Unsyiah adalah laboratorium bagi pemerintah daerah, pentingnya sinergisitas antara pemerintah dan kampus, sebab itu kolaborasi antara Pemerintah Aceh dan Unsyiah merupakan kekuatan untuk mewujudkan visi Aceh Hebat, kita sambut halalbihalal hari ini sebagai penguat hubungan Pemerintah Aceh dengan Civitas akademika Darussalam,” kata PLT Sekda Aceh, Helvizar.

Kegiatan ini juga diisi dengan ceramah dari Ustaz Fakhruddin Lahmuddin. Dalam ceramahnya, ia mengatakan halalbihalal dapat menjadi ajang silaturahmi bagi mereka yang belum bertemu ketika Idulfitri. Halalbihalal merupakan tradisi silaturahmi di Indonesia, meskipun secara bahasa memakai bahasa Arab. Kemudian Ustaz Fakhruddin mengatakan silaturrahmi pada halalbihalal menjadi sarana rekonsiliatif.

“Jika ada sesuatu masalah maka diselesaikan, jangan diperbesar, begitu pula kepada setiap penyampai berita jangan karena tujuan mengolah berita dengan tujuan mengejar marketable tanpa mempertimbangkan maslahatnya.”

Ustadz Fakhruddin juga menyinggung mengenai berita hoaks yang menjadi sumber fitnah, membuat umat berpecah belah. Sebab itu Ustaz Fakhruddin mengajak hadirin menjaga dan mengedepankan ukhuwah.

Sementara itu, Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., mengajak seluruh alumni Unsyiah untuk memperkuat Unsyiah menjadi Universitas terkemuka. Pada kesempatan ini rektor juga sangat prihatin terhadap aktivitas hoaks yang berkembang.

“Mengutip apa yang di sampaikan oleh Ustaz Fakhruddin betapa berbahaya hoaks, agama telah melarang keras untuk menyebar berita bohong,” kata Samsul Rizal.

Turut dihadiri oleh PYM Wali Naggroe Malik Mahmud Al-Haytar, forkompimda, para wakil rektor, dekan, guru besar, pengajar dan alumni Unsyiah, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota.