Unsyiah Gelar Kejuaraan Catur Internasional

06.08.2019 Humas

Universitas Syiah Kuala melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur menggelar Kejuaraan Catur Internasional, Unsyiah International Chess Championship I mulai tanggal 6 – 7 Agustus 2019 di Gedung Gelanggang Prof. A. Madjid Ibrahim. (Selasa, 6/8).

Kejuaraan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Unsyiah Dr. Alfiansyah Yulianur, BC. Dalam sambutannya, Alfiansyah mengatakan bahwa Unsyiah merasa sangat bahagia karena bisa menyelenggarakan kejuaraan ini.

Alfiansyah mengungkapkan, pertandingan catur adalah olahraga yang membutuhkan konsentrasi dan intlektual yang luar biasa. Olahraga ini juga mampu membentuk karakter mahasiswa Unsyiah yang disiplin dan fokus dalam upaya mencapai tujuan hidupnya.  Oleh sebab itu, Unsyiah sangat berkomitmen untuk membina mahasiswanya yang ingin meraih prestasi pada olahraga catur.

“Melalui pembinaan yang baik, Unsyiah akan mendorong mahasiswanya untuk meraih prestasi dalam segala bidang, termasuk catur,” ungkapnya.

   

Sementara itu Ketua UKM Catur Unsyiah sekaligus Ketua Panitia kegiatan ini, Ahlun Nazar, mengatakan bahwa Kejuaraan ini melibatkan 11 pecatur Unsyiah dan 11 Pecatur dari International Islamic University Malaysia  (IIUM).

Mereka akan bertanding pada lima katagori yaitu pertandingan team, individual, bughouse, rapid dan blitz. Adapun yang menjadi wasit pada pertandingan ini adalah wasit dari Malaysia dan wasit nasional dari Indonesia.

Menurutnya, pertandingan ini bukan sekadar meraih juara tapi merupakan ajang untuk menjalin silaturrahim antara Unsyiah dan UIIM. Sebab pada kejuaraan selanjutnya, direncanakan akan berlangsung di Malaysia.

Pertandingan ini dimulai dengan ditandai langkah pertama pada bidak putih oleh WR III Unsyiah, yang kemudian dilanjutkan oleh pertandingan antara pecatur Unsyiah dan UIIM Malaysia.