Unsyiah Jalin Kerja Sama dengan BRI Syariah

02.09.2020 Humas

Universitas Syiah Kuala dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah sepakat menjalin kerja sama dalam bidang penyelenggaraan dan jasa perbankan syariah. Hal ini ditandai dengan penandatangangan MoU oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dengan Direktur Utama BRI Syariah Ngatari, secara virtual dari Ruang Mini Rektor Unsyiah. (Banda Aceh, 1 September 2020).

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, Unsyiah sangat menyambut baik kesepakatan kerja sama ini, khususnya dalam upaya untuk mengembangkan perekonomian syariah.

Melalui kerja sama ini pula, Rektor secara langsung meminta dukungan kepada Direksi BRI Syariah untuk memberi kemudahan kepada mahasiswa kurang mampu Unsyiah, yaitu mereka yang mendapat bantuan beasiswa dari pemerintah melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Kemudahan itu terkait pembukaan rekening beasiswa bagi mereka, yaitu dengan tidak adanya pemotongan biaya administrasi.

“Kami berharap hal ini dapat disanggupi oleh BRI Syariah. Karena selama ini biaya administrasi tersebut cukup membebani mereka. Makanya hal ini saya sampaikan langsung, agar anak-anak kita ini bisa kuliah dengan baik,” ucap Rektor.

Selain itu, Rektor juga meminta BRI Syariah untuk memberikan kemudahan pembukaan rekening bagi pegawai Unsyiah, baik dosen maupun tenaga kependidikan. Caranya cukup dengan memberikan form untuk mereka isi, sehingga mereka tidak perlu harus datang bank.

Direktur Bisnis Komersil BRI Syariah Koko Alun Akbar menilai, kerja sama ini adalah wujud nyata Unsyiah dalam merealisasikan qanun Lembaga Keuangan Syariah yang mulai berlaku di Aceh. Untuk itulah, ia berharap kesepakatan ini bisa saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Pada kesempatan ini pula, Koko Alun Akbar langsung memberikan respon positif terkait permintaan Rektor tersebut. Ia menjamin pihaknya akan segera merealisasikan permintaan ini. Hal ini sebagai komitmen BRI Syariah untuk terus meningkatkan pelayanannya agar lebih baik dari BRI Konvensional.

“Insya Allah, permintaan bagi mahasiswa ini bisa kita penuhi. Kita juga akan jemput bola dengan aktif mendatangi, sehingga bisa cepat pembukaan rekening bagi pegawai Unsyiah,” ucapnya.

Selain itu, BRI Syariah juga merespon tuntutan pelayanan di masyarakat melalui digitilasasi pelayanan. Seperti BRIS Online yang selama ini telah menjadi andalan BRI Syariah, karena mampu menjangkau di mana saja dan kapan saja.

“Dengan platform teknologi seperti ini, kami siap melayani civitas akademika Unsyiah serta masyarakat. Inilah komitmen kita untuk terus memberikan pelayanan terbaik,” ucapnya.

Turut hadir mendampingi Rektor dalam kegiatan ini adalah Para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga dan Kepala UPT TIK