Unsyiah Press Dirikan Komunitas Relawan Literasi Informasi Indonesia

27.07.2020 Humas

Unsyiah Press pada hari Sabtu 25 Juli 2020 mengadakan rapat pembentukan Komunitas Relawan Literasi Informasi Indonesia melalui Google Meet. Rapat diikuti oleh 20 perwakilan peserta Perlombaan Penulisan Cerita Pendek Tema Perempuan untuk mahasiswa D3 dan S1 seluruh Indonesia yang diselenggarakan pada periode 7 Juni hingga 20 Juli 2020 yang lalu.

Kepala Unsyiah Press, Dr. Taufiq A. Gani dalam rilisnya (26/07/2020) mengatakan inisiatif pembentukan komunitas di atas untuk menjawab hasil survei Customer Voices yang dilakukan beberapa hari setelah penutupan lomba terhadap peserta. Hasil survei tersebut mendapatkan bahwa para peserta menginginkan adanya kegiatan literasi informasi yang berkelanjutan dan variatif. Dengan keterbatasan dan potensi keunggalan yang dimiliki bersama oleh Unsyiah Press dan para peserta, diputuskanlah dalam pertemuan tersebut untuk membentuk Komunitas Relawan Literasi Informasi Indonesia. Komunitas ini diharapkan dapat bukan cuma sebagai peserta, tapi sebagai penggerak kegiatan dengan dukungan Unsyiah Press.

Nurul Islamidini, mahasiwa MIPA Biologi, 2019 Unsyiah mengatakan bahwa hal ini sangat positif sekali bagi kami mahasiswa Unsyiah untuk menambah relasi dan pengalaman, berkumpul untuk membuat program baru. Nurul mengakui jarang menemukan even yang kegiatannya berkesinambungan seperti ini.

Sebagai mahasiswa non Unsyiah, Elia Laila Rizqiyah, mahasiswa Prodi Ilmu Tanah, Universitas Gadjah Mada, Jogyakarta, sangat senang dapat berkumpul dengan teman-teman se-Indonesia melalui Unsyiah Press mengurus bentuk kegiatan literasi penulisan kisah nyata masa kecil.

“Menurut saya kegiatan yang dilakukan oleh Unsyiah Press sangat bermanfaat dan inovatif karena dapat melibatkan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia sehingga kami mendapatkan pengalaman baru dan relasi yang lebih luas. Selanjutnya saya harap kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan, Jaya selalu Unsyiah Pres,” demikian Elia yang asal kota Klaten dan kuliah di Jogya.