Unsyiah Press Terapkan Sistem Pembayaran e-Payment Gateway

27.07.2020 Humas

Unsyiah Press mulai memperlakukan sistem e-Payment Gateway untuk penerimaan pembayaran dari pelanggan (mahasiswa, dosen dan masyarakat umum) mulai Rabu, 22 Juli 2020. Unsyiah Press bekerja sama dengan Xendit sebuah perusahaan Financial Technology (Fintech) yang terkemuka di Indonesia.  

Pembayaran yang dimaksud ini adalah transaksi yang dilakukan di counter layanan Unsyiah Press dan juga online lewat aplikasi Commersyiana, Layanan di counter misalnya untuk pembayaran atas pembelian buku, pencetakan dan foto copy,  serta penerbitan buku ber-ISBN. Sedangkan melalui aplikasi Commersyiana seperti pembelian buku dan tiket pendaftaran kegiatan (pelatihan/seminar) secara online.

Kepala Unsyiah Press, Dr. Taufiq A Gani, S.Kom, M.Eng.Sc dalam mengatakan layanan ini menjawab keluhan dari pelanggan yang kesulitan atau terbebani biaya transfer jika mereka tidak memiliki rekening dari bank yang sama dengan yang dimiliki Unsyiah Press. Dengan sistem baru ini, pelanggan cukup membayar berdasarkan harga invoice yang diterbitkan melalui sistem e-Payment Gateway. Selanjutnya membayar di banyak pilihan payment point (misalnya BNI, Mandiri, BRI, OVO, LINKAJA, Alfamaret, Indomaret, bahkan kartu kredit) langsung ke rekening BLU Unsyiah tanpa ada pembebanan biaya transfer tambahan. Pelanggan dapat melakukan pembayaran melaui sistem ATM, mobile, internet banking atau aplikasi e-wallet yang ada.

Taufiq menambahkan, Unsyiah Press mengakui tahap awal ini ada pelanggan yang masih belum memahami cara pembayaran dan pendaftaran kegiatan dengan sistem e-commerce ini. Unsyiah Press banyak menerima keluhan. Tapi Unsyiah Press meyakini bahwa keluhan ini adalah sementara saja karena pelanggan belum terbiasa. Unsyiah Press optimis dengan melakukan edukasi pelanggan secara terus menerus sistem ini akan diterima sejalan perubahan dari sistem layanan dalam masa pasca pandemi ini, yaitu semua layanan akan berpindah ke online, termasuk juga pembayaran dan pengantaran barang.