Unsyiah Wisudakan Lulusan Perdana PSDKU Gayo Lues

08.08.2019 Humas

Universitas Syiah Kuala melalui Sidang Terbuka yang dipimpin oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng kembali mewisudakan sebanyak 1.135 lulusan Sarjana/Pendidikan Profesi/Spesialis/Pascasarjana untuk priode Mei – Juli 2019 di Gedung AAC Dayan Dawood. Dari jumlah tersebut, dua orang di antaranya adalah lulusan perdana Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU)  Gayo Lues. (Rabu, 7/8).

Mereka yang lulus tersebut adalah Mayasari R angkatan 2014 dan Juliani Angkat Angkatan 2015. Keduanya  dari Program Studi  Manajemen PSDKU Gayo Lues, yang saat ini akreditasinya B. Kedua lulusan inipun lulus dengan predikat sangat memuaskan, yaitu dengan IPK 3,58 dan 3,85.

Rektor mengatakan, lulusan perdana PSDKU Gayo Lues ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Unsyiah. Sebab hal ini menandakan proses belajar di sana telah berjalan dengan baik. Meskipun jauh dari kampus utama, namun mereka mampu lulus dengan masa studi yang tak jauh berbeda dengan mahasiswa lainnya yang kuliah di kampus utama Unsyiah.

Unsyiah memulai program PSDKU Gayo Lues pada tahun 2014. Awalnya, program ini bernama Pendidikan Di Luar Domisili (PDD) Gayo Lues. Lokasi kampus ini berada di Desa Akul Blangnangka, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues.

 Lalu pada tahun 2017, nama PDD Gayo Lues berubah menjadi Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) karena merujuk pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No 1 Tahun 2017 tentang PSDKU Perguruan Tinggi.

Rektor mengungkapkan, bahwa tujuan Unsyiah mendirikan program ini adalah untuk memberikan pemerataan akses pendidikan bagi putra-putri terbaik di kawasan tengah Aceh serta Sumatera Utara. Sebab merekalah yang nantinyabertanggung jawab secara moril untuk membangun daerahnya.

“Karena itu kita membuka program studi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah tengah ini. Tujuannya untuk dapat menjaga ekosistem Leuser dan membangun masyarakat sekitar,” ujar Rektor.

Unsyiah mendirikan empat program studi di PSDKU Gayo Lues, yaitu Pendidikan Biologi, Manajemen, Argoteknologi, dan Kehutanan sebagai program studi favorit di kampus ini. Di tahun pertama, Unsyiah memprioritaskan putra-putri daerah setempat untuk masuk PSDKU Gayo Lues.