USK dan Kompas-Penagi Sosialisasikan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

24.01.2023 Humas

Universitas Syiah Kuala bersama Komunitas Pemberdayaan SDM Pendidikan Menengah dan Tinggi (KOMPAS - PENAGI) memberikan sosialisasi terkait sistem penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2023.

Kegiatan yang menghadirkan para siswa SMA/MA serta dewan guru dari sekolah Banda Aceh dan Aceh Besar tersebut, dilaksanakan di Aula Mawardi Nurdin Kantor Wali Kota Banda Aceh. (Banda Aceh, 21 Januari 2023).

Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si yang hadir sebagai salah satu narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan, saat ini USK telah berkembang dengan baik dan menjadi salah satu kampus unggulan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari berbagai lembaga pemeringkatan dunia yang selalu menempatkan USK dalam posisi yang mengesankan.

Selain itu, saat ini USK telah bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH). Perubahan status ini bertujuan agar USK bisa lebih mandiri sehingga lebih mudah dalam mewujudkan visi dan misinya.

“Adapun terkait akreditasi, saat ini akreditasi USK adalah unggul. Begitu pula prodi lainnya, sudah banyak yang berhasil meraih unggul,” ucap Wakil Rektor I USK tersebut.

Selanjutnya, terkait penerimaan mahasiswa baru Agussabti mengingatkan, agar saat memilih program studi harus dipikirkan secara matang dan benar-benar berdasarkan keinginan sendiri. Sebab yang menjalani perkuliahan nanti adalah siswa sendiri.

Untuk diketahui, saat ini proses seleksi mahasiswa baru dilaksanakan oleh Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023. Di mana ada tiga jalur masuk perguruan tinggi yaitu Tiga jalur seleksi yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan seleksi Mandiri oleh PTN.

Pada kesempatan itu, turut hadir Menteri Parekraf Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno secara daring. Dirinya menyampaikan materi tertang "Sosialisasi Penerimaan Calon Mahasiswa Politeknik Pariwisata Indonesia Tahun 2023 beserta Jenjang Karirnya dan Peluang Kerja di Dunia Kepariwisataan di Era Digitalisasi". Selain USK, sejumlah intansi pendidikan lain juga terlibat dalam kegiatan sosialisasi ini.