USK dan UTP Sepakat Kolaborasi Riset Internasional

10.08.2022 Humas

Universitas Syiah Kuala dan Universiti Technologi Petronas (UTP) sepakat untuk melakukan kolaborasi riset-riset internasional. Kesepakatan ini disampaikan oleh Devuty Vice Chancellor for Research, Innovation and Commercialization UTP Prof. Dr. M. Shahir Liew saat kunjungan di USK. (Banda Aceh, 8 Agustus 2022).

Dalam kunjungan tersebut, Prof. Shahir turut didampingi Director Institute of Hydrocarbon Recovery UTP Assoc. Prof. Dr. Syahrir Ridha dan disambut oleh Rektor USK Prof.Dr. Ir. Marwan di Ruang Mini Rektor USK.

Prof. Shahir mengatakan,  selama ini institusinya telah memberikan perhatian serius terhadap berbagai kegiatan riset. Khususnya pada bidang energi terbarukan maupun engginering. Untuk itulah, dirinya menilai kolaborasi riset dengan USK ini sangat penting dan istimewa. Mengingat perguruan tinggi ini telah berkembang dengan sangat baik dalam jajaran perguruan tinggi di Indonesia.

“Selama ini kita telah memberikan perhatian yang instens terhadap berbagai kegiatan riset. Dan kami melihat, USK memiliki semangat yang sama untuk itu. Jadi tentu kolaborasi riset ini akan sangat istimewa,” ucapnya.

Selanjutnya, Rektor turut menyambut baik kunjungan delegasi UTP ini ke USK. Selama ini sejumlah perguruan tinggi lain di Malaysia juga kerap mengunjungi USK dan telah menjalin berbagai program kerja sama, khususnya terkait kolaborasi riset.

Di USK, ungkap Rektor, saat ini telah memiliki dua Pusat Riset yang telah menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) di tingkat nasional yaitu Pusat Riset Gempa dan Tsunami (TDMRC) dan Pusat Riset Atsiri (ARC). Dua pusat riset unggulan ini telah banyak memberikan kontribusi penting bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun mendorong kesejahteraan masyarakat.

Oleh sebab itu, Rektor turut menyambut baik komitmen untuk melakukan riset secara bersama dengan UTP. Bahkan, Rektor secara terbuka menyatakan siap untuk peluang kerja sama pada bidang lainnya.

“Tentu saja USK sangat menyambut baik kerja sama riset seperti ini. Dan tidak tertutup kemungkinan, kedua institusi ini bisa turut berkolaborasi pada bidang-bidang lainnya,” ucap Rektor.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) USK Dr. Muzailin Affan, M.Sc, Kepala LPPM USK Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M. Tech, Kepala Lab Terpadu Ir. Rahmad Dawodd, S.Kom, M.Sc, IPM, ASEAN.Eng, Wakil I Fakultas Teknik, Dr. Ir. Ramzi Adriman, S.T, M.Sc dan peneliti USK lainnya.