USK-DPRK Aceh Barat Jalin MOU

14.10.2021 Humas

Universitas Syiah Kuala (USK) menandatangani MoU dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK)  Kabupaten Aceh Barat. Kerjasama antara kedua belah pihak ini, difokuskan pada bidang pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, IPU, ASEAN.Eng dengan Ketua DPRK Aceh Barat, Samsul Barmi di Balai Senat USK, Rabu 13 Oktober 2021. Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRK Aceh Barat berharap kerjasama ini bermanfaat bagi kemajuan Aceh Barat.

"Kerjasama ini semata-mata demi kemajuan Aceh Barat yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Karena itu, kami terjun langsung, melaksanakan kerjasama ini," kata Samsul Barmi.

Menurutnya, Aceh Barat punya potensi besar, terutama di sektor pertanian dan kelautan. Kemudian, Aceh Barat juga terkenal di bidang pertambangan. Ketua DPRK berharap adanya transfer ilmu dari USK yang dikenal memiliki punya banyak pakar.



Sementara itu, Rektor USK menyambut baik kerjasama dengan Aceh Barat. Potensi SDM yang dimiliki USK, sebagai salah satu yang terbaik di Sumatra, sayang jika tak dimanfaatkan dengan baik. Namun, ia menekankan perlunya action yang nyata.

"USK menyambut baik kerjasama ini. Namun, MoU gak ada artinya apabila tidak action. Kami siap melihat potensi di Aceh Barat. Di Aceh, 73 persen masyarakat kita nelayan-petani. Kalau mereka sejahtera, maka Aceh sejahtera," kata Prof Samsul Rizal.

Lebih jauh, Rektor mengungkapkan, USK dan Pemkab Aceh Barat juga sudah mempunyai nota kesepahaman, dan sudah diimplementasikan. Salah satu kegiatan dalam tahun 2021 adalah mendukung kegiatan rencana induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kerjasama ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak kedua belah pihak, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Smart City. USK siap mendukung Aceh Barat di berbagai bidang, salah satunya pertanian seperti Nilam. Karena USK dengan PUI ARC sudah bisa mengolah nilam menjadi produk turunan yang bernilai ekonomis tinggi.

"Di bidang pertambangan, USK siap membantu menyiapkan pakar dan tenaga ahli, dalam menyiapkan Perda/Kanun yang akan memberi manfaat untuk kesejahteraan masyarakat setempat," pungkas Rektor.