USK Gelar Sosialisasi SNMPTN dan Seleksi Masuk PTN

22.02.2021 Humas

Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan seleksi masuk PTN yang diperuntukkan bagi siswa siswi SMA/SMK/MA, para pendidik, dan orang tua. Sosialisasi ini dilakukan secara daring, via zoom meeting, Jumat (19/2).

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari agenda The Road to Top Universities yang diselenggarakan oleh Fatih Billingual School, Banda Aceh. Tujuannya, agar para siswa-siswa memperoleh informasi dan pengetahuan yang cukup saat mendaftar SNMPTN dan sebelum nantinya mereka mendaftarkan diri ke PTN melalui jalur masuk lain.

Sosialisasi ini dilakukan oleh Koordinator Bagian Humas USK, Chairil Munawir MT. dalam sosialisasinya, Chairil memaparkan tata cara pendaftaran SNMPTN 2021, mulai dari persyaratan, tahapan, hingga jadwal kegitaan SNMPTN 2021.

Chairil menyampaikan, setiap siswa boleh memilih dua program studi baik dari satu PTN maupun dua PTN. Namun, tambhanya, jika memilih dua program studi dari dua PTN berbeda, salah satu PTN yang dipilih harus PTN yang berada di satu provinsi yang sama dengan peserta SNMPTN. Chairil juga mengingatkan para siswa untuk memilih prodi yang benar-benar sesuai dengan minatnya.  

“Pilihlah program studi yang benar-benar diminati, karena kalau sudah lulus di jalur SNMPTN, tidak akan bisa mengikuti jalur SBMPTN lagi”, tegasnya.

Selain jalur SNMPTN, Chairil juga menjelaskan jalur masuk PTN lainnya seperti jalur SBMPTN dan SMMPTN atau seleksi jalur mandiri.

“Tahun 2021 ini, USK akan menerima sebanyak 7620 mahasiswa. Sebanyak 25% atau 1907 mahasiswa akan diterima dari jalur SNMPTN. Selanjutnya, 45% atau sebanyak 3427 mahasiswa akan diterima dari jalur SBMPTN. Dan sisanya sebanyak 30% atau 2286 mahasiswa dari jalur mandiri” ujar Chairil.

Sosialisasi ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta. Meski digelar secara virtual, peserta cukup antusias mengikuti sosialisasi ini. Sosialisasi ini merupakan moment tepat bagi para siswa, pendidikan, dan orang tua siswa untuk mendapatkan informasi seputar jalur masuk PTN.