USK Genjot Literasi Warga dengan Optimalisasi Perpustakaan Desa

22.06.2022 Humas

 
Universitas Syiah Kuala (USK) terus menggenjot minat literasi masyarakat. Salah satu hal yang dilakukan oleh mahasiswa USK, membuka perpustakaan di Desa Lam Ujong, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar.

Upaya tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberikan medium akses pengetahuan, sekaligus sosialisasi literasi. Hal ini juga bagian dari pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) XXI, kelompok 427.

"Ini bentuk ikhtiar kami sebagai agent of change untuk masyarakat, terutama anak-anak. Kami berharap, mereka melek literasi sejak dini," kata Ketua Kelompok KKN 427, Ziaurrahman, Rabu 22 Juni 2022.

Di saat yang sama, mereka turut mengunjungi PAUD desa tersebut. Antusiasme anak-anak cukup tinggi. Terlebih, mahasiswa KKN mengadakan kegiatan mewarnai di PAUD. Anak-anak tersebut, juga mendapat susu.

"Pembagian susu bertujuan mencegah stunting. Tumbuh kembang yang benar dengan kecukupan gizi menjadi kunci, agar anak-anak bugar dan bersemangat dalam berliterasi," jelas Sirin Nabila.

Menurut kelompok KKN 427, program literasi sangat penting. Meskipun hasilnya tidak terlihat sekejap mata, namun melek literasi menjadi pondasi utama bagi anak-anak desa, untuk kemudian serius dalam belajar hingga level tertinggi.

Yang terpenting dari keberadaan perpustakaan desa bukan sebatas wujud fisiknya saja. Akan tetapi, memastikan perpustakaan tersebut hidup. Dikunjungi oleh (minimal) warga setempat, terutama para pelajar.

Selain Ziaurrahman dan Salsa Bila Rizki, kelompok KKN 426 teridiri dari; Cut Raudah Chalid, Lola Septyadi Istiqomah R, Sirin Nabilah, Alifya Adinda Isti, dan Miftahul Jannah.

--