USK Ingatkan Siswa Perhatikan Tahapan Penerimaan Mahasiswa Baru

27.12.2021 Humas

 
Wakil Rektor I Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan mengingatkan siswa untuk memperhatikan tahapan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Universitas Syiah Kuala dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya. Hal ini disampaikan Prof. Marwan, mengingat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal PMB untuk tahun ajaran 2022. (Banda Aceh, 22 Desember 2021).

Prof. Marwan menjelaskan, tahapan PMB ini harus diperhatikan dengan baik agar pihak sekolah ataupun siswa tidak keliru mengikuti prosesnya. Khususnya dalam pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa  (PDSS). Adapun jadwal pengisian PDSS ini akan dimulai pada tanggal 8 Januari – 8 Februari 2022.

Terkait hal ini, Prof. Marwan juga mengingatkan pihak sekolah agar tidak menunda-nunda pengisian data PDSS ini, sehingga baru dilakukan mendekati batas akhir jadwal pengisian.

“Sebaiknya pengisian data PDSS jangan mendekati batas akhir. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Seperti server yang down karena ramainya orang yang mengakses,” ucap Prof. Marwan.

Selain itu, hal lain yang penting diperhatikan oleh pihak sekolah adalah kesediaan siswa untuk mendaftar di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
Sebab, kuota jalur SNMPTN ini terbatas. Sementara jika siswa tersebut tidak mengambil perguruan tinggi yang dipilih setelah ia dinyatakan lulus di jalur SNMPTN, maka pihak sekolah bisa mendapatkan sanksi.

“Jadi yang rugi bukan hanya sekolah. Tapi siswa lain yang ternyata bersungguh-sungguh ingin kuliah, namun tidak mendapatkan kesempatan karena kuota yang terbatas. Maka, penting sekali menanyakan kesediaan siswa,” ucap Wakil Rektor I Akademik USK tersebut.

Untuk tahun ini, jalur masuk perguruan tinggi masih sama yaitu melalui tiga jalur. Ketiga jalur tersebut adalah SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Mandiri.

Untuk informasi lebih lanjut terkait tahapan dan jadwal PMB ini ,dapat dilihat pada  website resmi LTMPT https://ltmpt.ac.id/ atau laman USK http://pmb.unsyiah.ac.id/. Dan apabila ada kendala selama proses pendaftaran atau lainnya dapat menghubungi helpdesk dan call center LTMPT 0804-1-450-450, atau Unit Layanan Terpadu (ULT) USK dengan nomor HP 08116701962.