USK-ITERA Perkuat Kerjasama, Fokus Riset di Bidang Iptek

27.12.2021 Humas

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kembali melakukan MoU dengan Universitas Syiah Kuala (USK). Penandatanganan kerjasama tersebut ditandatangani oleh Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU.,ASEAN.,Eng dan Rektor ITERA, Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU di tempat masing-masing. MoU ini berlangsung secara daring, via google meet, Jumat 24 Desember 2021.
 
Rektor USK dalam sambutannya mengatakan, kerjasama antara kampus berjuluk 'Jantong Ate Rakyat Aceh' dengan ITERA telah berlangsung untuk kesekian kalinya. Ia berharap, hubungan baik yang selama ini telah terjalin, dapat terus dirawat dan memberikan manfaat tidak hanya untuk kedua belah pihak, tetapi bagi kemaslahatan umat. Terutama dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"ITERA dan USK memiliki keunggulan masing-masing dalam hal Iptek. Di USK sendiri, publikasi paling banyak ada di Fakultas Teknik dan memiliki alat lab yang canggih. Kami punya stacking table dengan kapasitas 2 ton, serta high speed camera, yang dalam satu detik bisa mengambil, 200.000 shooting," kata Prof Samsul Rizal.

Lebih jauh, ia menyampaikan, apa yang dimiliki USK dimaksudkan bukan hanya digunakan oleh civitas kampus setempat saja, melainkan juga bisa digunakan oleh mitra USK. Dalam hal ini, termasuk ITERA. Selain beberapa alat canggih yang dimiliki FT, USK juga punya keunggulan lain yang ada di laboratorium FMIPA.

Prof Samsul Rizal juga memberikan selamat kepada Prof Mitra Djamal yang kurang lebih setahun terakhir terus berikhtiar memajukan ITERA. Rektor USK berharap, kedua kampus ini dapat meningkatkan riset bersama, terutama di bidang teknologi.

"Saya ingin riset bersama antara USK dan ITERA untuk terus ditingkatkan. Selamat kepada Prof Djamal, yang sudah membangun ITERA setahun terakhir," pungkas Rektor USK.

Sementara itu, Rektor ITERA mengucapkan terimakasih atas kebersamaan yang telah terajut dengan USK selama ini. Pihaknya memegang satu prinsip yaitu kolaborasi. Menurutnya, saling mendukung merupakan keniscayaan, yang hasilnya untuk kepentingan bersama.

"Kerjasama ini diharapkan adanya gagasannya inovatif sebagai terobosan sains teknologi," ucap Rektor ITERA.

Pihaknya mengutarakan, dalam setiap kerjasama yang paling penting adalah adanya kesamaan visi untuk maju bersama. Salah satu keunggulan yang sedang dikembangkan ITERA saat ini adalah ventilator, yang bekerjasama dengan ITB dan Unpad. Hal ini, nantinya juga akan dikembangkan dengan USK.