USK Jalin Kerja Sama dengan Yayasan Uswatun Hasanah

26.11.2021 Humas

Universitas Syiah Kuala menjalin kerja sama dengan Yayasan Uswatun Hasanah Aceh dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatangan MoU oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., Asean.Eng dengan Pimpinan Yayasan Uswatun Hasanah Drs. H. Soufyan M. Saleh, S.H. MM di Yayasan tersebut. (Aceh Besar, 25 November 2021).

Soufyan dalam sambutannya mengatakan, setelah tsunami pertumbuhan penduduk Kecamatan Baitussalam yang merupakan tempat berdirinya yayasan ini, telah bertambah cukup besar. Jika dulu hanya 4.000 orang namun kini sudah mencapai 40 ribu orang.

Untuk itulah, ia menilai kerja sama ini sangat penting untuk mendukung peningkatan kualitas layanan pendidikan di Yayasan ini. Mengingat santri di Yayasan ini sebagian besarnya adalah anak yatim, dhuafa serta yang bermasalah dengan keluarganya.

“Kerja sama ini sangat penting, agar Yayasan ini bisa lebih optimal lagi memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor USK sangat menyambut baik kerja sama ini. Sebab hal ini sangat sejalan dengan komitmen USK untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Aceh.

Pada kesempatan ini, Rektor juga memberikan motivasi kepada para santri Yayasan Uswatun Hasanah untuk terus semangat belajar demi mewujudkan cita-cita mereka.

Rektor menilai, tidak ada seorang pun yang bisa menjamin secara pasti masa depan seseorang. Semua pencapaian atau prestasi yang kita raih, sejatinya sangat bergantung dengan kegigihan kita dalam berjuang, serta tidak lupa memohon pertolongan dari Allah.

“Jadi jangan pernah berpikir karena sekolah di sini, kalian tidak punya masa depan. Kalian harus berani bercita-cita. Semua itu sangat mungkin terwujud, asal kalian giat belajar dan berdoa pada Allah yang Kuasa,” ucap Rektor.

Kepala Bidang Pemberdayaan Santri dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh Irwan, S.Hi, M.Si yang turut menyaksikan MoU ini, sangat mengapresiasi atas terjalinnya kerja sama tersebut. Menurutnya, dalam beberapa tahun ini perkembangan Yayasan Uswatun Hasanah telah berkembang sangat baik. Kehadiran lembaga pendidikan ini juga telah memberikan kontribusi penting bagi masa depan pendidikan untuk anak yatim atau dhuafa di Aceh.

Selain dengan USK, dalam kegiatan ini Yayasan Uswatun Hasanah juga melakukan penandatanganan MoU dengan instansi lainnya yaitu STAI Pante Kulu, Baitul Mal Aceh, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh dan lainnya. Kegiatan ini juga dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang turut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat.