USK Juara II Business Plan Tingkat Nasional

20.12.2022 Humas

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil meraih Juara II pada Kompetisi Bisnis Plan tingkat nasional, bertajuk “SetSail BizAccel President University National Business Plan Competition”. Kompetisi ini diselenggarakan oleh President University.

Tahun ini kompetisi diadakan secara hybrid (online dan offline) dengan bahan meliputi, creative industry, technology, social, tourism dan culinary. USK diwakili oleh tim “Biscateam”, yang terdiri dari 5 orang mahasiswa FKG USK, yaitu Galuh Satwika Paramita, Susi Ristiwi, Deffan Dericco, Mohd. Fakhriza Naufal, Diva Maulana, serta 1 orang mahasiswa FEB USK, yaitu Muhammad Raiyan Fajri dengan bimbingan drg. Teuku Ahmad Arbi, Sp.BM dan Fitrah Affandi, S.E, M.Si,

Tim ini USK berhasil menjuarai kompetisi bisnis plan tingkat nasional itu, karena membawakan “BISCATUR” (Biskuit Cangkang Telur). "BISCATUR adalah sebuah produk inovasi camilan sehat sehari-hari dengan kandungan tinggi kalsium dan rendah gula yang mampu menjadi solusi pencegahan osteoporosis," jelas Galuh.

Kompetisi ini diawali dengan seleksi proposal bisnis yang diadakan secara Nasional pada tanggal 14 November hingga 7 Desember 2022. Pada tanggal 9 Desember diumumkan Biscateam lolos seleksi top 20 finalis dari sebanyak 203 peserta yang mengirimkan proposalnya. Para finalis yang berhasil lolos tersebut berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Diantara yang lolos yantu, Universitas Syiah Kuala, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Institut Tekhnologi Sepuluh November, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, President University, UIN Walisongo Semarang, Universitas Jambi, UPN Veteran Jakarta, Universitas Andalas, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Para finalis selanjutnya berjuang di tahap Final Pitch Deck Bisnis pada tanggal 16 Desember 2022 dengan melakukan presentasi di hadapan dewan juri. "Biscateam dari USK berhasil memukau para dewan juri yang seketika memberikan standing applause kepada tim tersebut," tambah Fitrah.

Pada hari yang sama diumumkan USK berhasil meraih juara 2, sedangkan  juara 1 dari Universitas Brawijaya dan Juara 3 President University. Wakil Rektor III USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih mahasiswa USK.

"Alhamdulillah USK kembali bisa menjadi salah satu yang terbaik pada kompetisi Business Plan. Sejak dulu, USK memang langganan juara di bidang ini. Tentu ini berkat pembinaan yang baik dari para pembimbing, dan kemauan para mahasiswa. Sekali lagi, selamat," ucap Prof Mustanir.