USK Kembali Gelar Vaksinasi

09.09.2021 Humas

Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menggelar vaksinasi. Kali ini bertepatan dengan perayaan Milad USK ke-60. Vaksinasi yang dipusatkan di Gedung AAC Dayan Dawood itu, turut dipantau langsung Kapolda Aceh, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Haydar, S.H., M.M. (Banda Aceh, Rabu 8 September 2021).
 

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Aceh atas kedatangannya ke kampus 'Jantong Atee' Rakyat Aceh. Selama ini, kata Rektor, kerjasama dengan Polda Aceh terjalin amat baik, yang sangat intens cukup terasa di tiga bulan terakhir.

"Kami berterimakasih banyak untuk dukungan yang terjalin, karena di awal-awal dulu, kami agak kesulitan memperoleh vaksin, tapi Polda Aceh dan Kodam Iskandar Muda menfasilitasi," kenang Prof Samsul Rizal.

"Kita terus giat melakukan vaksinasi, terutama di jajaran sivitas akademika USK. Alhamdulillah berkat kerjasama ini, dosen dan tendik termasuk mahasiswa, yang sudah divaksin cukup banyak," sambung Rektor.

Rektor menyampaikan, saat ini pihaknya sedang giat melakukan vaksinasi tahap ke dua untuk lingkungan sekitar kampus. Dalam pandangannya, herd immunity tidak akan terjadi, apabila masih ada orang-orang yang tidak percaya Covid-19, serta enggan divaksin.



Karena itu, Prof Samsul Rizal menerangkan, kampus punya tanggung jawab besar untuk mengedukasi masyarakat agar tercerahkan. Namun begitu, berharap dari universitas saja tidak cukup, butuh peran semua pihak untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak terjebak dengan hoaks informasi yang menjamur selama pandemi.

"Mari bersama-sama kita terus melakukan edukasi, karena kami melihat masih ada saudara kita yang tidak percaya Covid-19. Butuh kerja keras semua pihak, agar kita bisa cepat keluar dari pandemi ini. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua," tutur Rektor.

Sementara itu, Kapolda Aceh, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Haydar, S.H., M.M menyampaikan bahwa pentingnya vaksinasi, karena menyangkut kesehatan masyarakat, pelajar dan lain-lain. Meskipun masih ada sebahagian kecil tokoh yang menolak vaksin, namun pihaknya tak pernah lelah untuk mengedukasi.

"Tapi pelan-pelan ini terus kita sosialisasikan, kami tergugah, sebab masyarakat sehat, negara kuat," kata Kapolda Aceh.

Pihaknya akan terus berbuat dan tak kenal lelah, agar pandemi Covid-19 dapat tertanggulangi dengan baik. Banyak yang telah dilakukan pihaknya. Tiga diantaranya, kata Kapolda Aceh: Satu, sosialisasi prokes. Kedua, mengajak vaksin, dan ketiga, bansos. Ke depan, Polda Aceh bersama USK akan 'menjemput bola' ke desa-desa untuk vaksinasi.