USK Masuk Universitas Terpopuler versi Unirank

23.02.2021 Humas

Universitas Syiah Kuala masuk salah satu perguruan tinggi terpopuler di media sosial versi Unirank. Hal ini terlihat dari jumlah follower Instagram USK yang masuk 20 besar terbanyak dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. (Banda Aceh, 22 Februari 2021).

Berdasarkan informasi yang dipublikasikan pada website Unirank tersebut, USK menempati peringkat 19 dengan jumlah follower 63.483 dan 2.429 post. Adapun peringkat 1, 2 dan 3 adalah Universitas Gajah Mada dengan 677.911 follower, Universitas Indonesia dengan 645.923 follower dan Institut Teknologi Bandung dengan 250.507 follower.

UniRank merupakan lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berpusat di Sydney, Australia. Setiap tahun, lembaga ini merilis hasil survei universitas terbaik di dunia.

Berdasarkan informasi pada laman Kompas.com menjelaskan, penilaian universitas di Indonesia yang paling populer di Instagram ini dilihat dari jumlah follower paling banyak, terhitung sampai Oktober 2020.

Selain itu, penilaian ini juga berdasarkan pada tiga kriteria yaitu mendapat akreditasi resmi dan dilisensi oleh organisasi terkait, badan nasional dan daerah termasuk Kementerian Pendidikan di suatu negara.

Lalu menawarkan minimal gelar sarjana atau pascasarjana (magister atau doktoral). Serta memberikan kurikulum dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

Koordinator Humas USK Chairil Munawir mengatakan, pencapaian USK ini merupakan sebuah kabar bahagia yang memberikan energi positif bagi USK untuk terus mengembangkan media sosialnya.

Menurutnya, di zaman era digital sekarang ini media sosial termasuk instagram merupakan sarana komunikasi yang sangat efektif.

Untuk itulah, keberhasilan USK menembus 20 perguruan tinggi terpopuler berdasarkan informasi Unirank ini menjadi motivasi tersendiri bagi Tim Humas USK. Chairil mengakui, selama ini Tim Humas USK selalu berupaya mengoptimalkan fungsi media sosial untuk menginformasikan berbagai kegiatan universitas dan informasi penting lainnya.

“Maka hal ini setidaknya menjelaskan, bahwa kerja-kerja kehumasan USK selama ini sudah berjalan baik,” ucapnya.