USK Peringkat Pertama dalam Pendanaan PKM 2021

08.05.2021 Humas

Universitas Syiah Kuala berhasil meraih peringkat pertama perguruan tinggi di Aceh dalam pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa 5 bidang tahun 2021, sementara untuk tingkat nasionak USK masuk 30 besar peraih pendanaan ini. Hal ini berdasarkan pengumuman PKM 2021 yang dipublikasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada website Simbelmawa. Banda Aceh, 7 Mei 2021).

USK berhasil meraih peringkat pertama setelah berhasil meloloskan 45 judul PKM. Adapun peringkat selanjutnya adalah Universitas Teuku Umar (UTU) peringkat kedua dengan 9 judul PKM, Universitas Al Muslim peringkat ketiga dengan 4 judul PKM, dan Universitas Malikussaleh  peringkat keempat dengan 2 judul PKM.\

Dari 45 judul PKM tersebut maka jumlah pendanaan yang berhasil USK raih adalah Rp. 389.133.000. Jumlah judul PKM yang lolos ini berasal dari mahasiswa USK yang tersebar di berbagai fakultas.

Wakil Rektor III Dr. Alfiansyah Yulianur BC mengatakan, USK sangat bangga atas pencapaian mahasiswanya pada komptetisi kreativitas yang cukup bergengsi ini.

Alfiansyah mengungkapkan, pada ajang PKM kali ini USK mengusulkan 477 proposal yang merupakan usulan berbagai produk yang sangat menarik.

“Alhamdulillah, dari 477 proposal tersebut kita berhasil meloloskan 45 judul PKM. Saya kira ini sebuah pencapaian yang luar biasa. Karena artinya usulan produk mahasiswa USK sangat menarik perhatian Tim Penilai,” ungkap Alfiansyah.

Selain itu, Alfiansyah juga menilai prestasi mahasiswa pada ajang PKM tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Di mana pada tahun 2020, mahasiswa USK hanya mampu meraih pendanaan sebanyak 4 proposal. Jumlah yang lolos ini terbilang kecil karena saat itu kondisinya baru pandemic dan ada beberapa perubahan panduan.

Meskipun demikian, pada tahun tersebut USK tetap meraih prestasi. Di mana dari 4 proposal yang lolos itu, sebanyak 2 proposal berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan 1 proposal meraih juara Favorit.

Untuk itulah Ketua Program Penalaran Dan Kreativitas Mahasiswa (P2KM) USK Dr. Ir. Marwan, S. SI., MT., IPM mengungkapkan, USK akan terus memberikan dukungan penuh bagi mahasiswanya untuk berinovasi atau mengikuti kompetesi kreativitas seperti ini.

Selama ini semua kegiatan PKM USK di bawah  koordinasi P2KM dan telah berhasil melahirkan banyak produk unggulan dari hasil kreativitas mahasiswa.

“Untuk itulah, USK akan selalu memberi dukungan penuh kepada mahasiswanya untuk berinovasi dan berkreasi, sehingga mahasiswa kita bisa berbuat lebih banyak bagi masyarakat,” ucap Marwan.