USK Pimpin Sementara Perolehan Medali POMDA

05.10.2022 Humas

Universitas Syiah Kuala berhasil memimpin sementara perolehan medali pada Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Aceh 2022. Memasuki hari keempat POMDA, kampus ini berhasil mengumpulkan 46 emas, 22 perak dan 10 perunggu. (Langsa, 5 Oktober 2022).

Jika diakumulasikan maka sampai saat ini USK berhasil mengumpulkan 78 medali dari semua cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan. Ada empat cabor yang merupakan penyumbang medali terbanyak bagi USK, yaitu taekwondo dengan 12 medali, atletik 13 medali, petanque 8 medali dan renang 18 medali.

Ketua Kontingen USK Dr. Drh. Mustafa Sabri, M.P mengatakan, jumlah perolehan medali USK tersebut berpotensi terus bertambah. Sebab saat sejumlah atlet USK berhasil melaju ke babak semifinal dan final pada  beberapa cabor yang dipertandingkan. Seperti hari ini dua cabor USK yaitu 6 nomor  pada cabor silat dan 1 nomor petanque lolos ke final.

Oleh sebab itu, Mustafa optimis USK mampu meraih hasil yang optimal atau sesuai yang ditargetkan yaitu menjadi juara umum pada event olahraga mahasiswa tingkat provinsi Aceh ini.
“Karena itulah, kita akan terus memotivasi atlet untuk fokus pada pertandingan selanjutnya. Insya Allah, dengan kerja keras dan doa kita optimis bisa meraih juara umum,” ujarnya.

POMDA kali ini berlangsung mulai tanggal 1 – 6 Oktober 2022, dengan Universitas Samudra Langsa (UNSAM) sebagai tuan rumah. Sebanyak 14 cabor dipertandingkan dengan 2 lokasi (venue) yaitu 8 cabor di Langsa dan 6 cabor lainnya di Aceh Timur. Di mana seluruh venue tersebut di bawah koordinasi UNSAM.

Selanjutya, sebanyak 28 perguruan tinggi negeri/swasta di Aceh turut berpartisipasi dengan menurunkan sejumlah atletnya. Termasuk USK, yang pada POMDA kali ini mengirimkan 151 atletnya untuk bertanding pada seluruh cabor yang ada. Selain itu, sebagai event olahraga untuk membangun jalinan silaturahmi antar sesama mahasiswa, POMDA kali ini juga merupakan ajang seleksi untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) mendatang yang akan berlangsung di Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat.