USK Raih Dua Penghargaan Terbaik DJKN Aceh Award

26.01.2022 Humas

Universitas Syiah Kuala berhasil meraih dua penghargaan terbaik I pada ajang Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Aceh Award. Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Wilayah DJKN Aceh Syukriah HG kepada Wakil Rektor II USK Dr. Ir. Agussabti, M.Si di Gedung Kanwil DJKN Aceh. (Banda Aceh, 25 Januari 2022).

Kedua penghargaan yang USK raih tersebut, pertama adalah  USK sebagai Satuan Kerja Terbesar 1, untuk katagori Realiasiasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Tahun 2021. Untuk katagori ini, berada di peringkat kedua adalah Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BPKS), dan peringkat ketiga Kepolisian  Daerah Aceh.

Selanjutnya, USK meraih penghargaan Satker Badan Layanan Umum (Satker BLU) Terbesar 1, untuk katagori Realisasi PNBP Tahun 2021. Untuk katagori ini, peringkat kedua adalah BPKS dan peringkat ketiga Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry.

Syukriah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan DJKN Aceh Award ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder DJKN Aceh, yang selama ini telah mendukung DJKN Aceh dalam pengolaan aset negara yang lebih optimal dan akuntable.

Sebab Syukriah menyakini, kolaborasi dan terus bersinergi adalah kata kunci dalam pengelolan aset negara yang baik. Oleh sebab itu, ia menyampaikan terima kasih kapada segenap pihak yang selama ini telah berkomitmen mewujudkan pengeolaan aset negara yang akuntable tersebut.

“Tanpa ada stakeholder  yang kuat, upaya kami dalam pengelolaan kekayaan negara yang kridible tidak akan maksimal,” ucapnya.

Pada kesempatan ini,  Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan DJKN Aceh yang telah memilih USK untuk mendapat dua penghargaan ini. Rektor menyakini,  penghargaan ini tentunya berdasarkan beberapa indikator penilaian yang telah diperhitungan dengan cermat oleh DJKN Aceh.
Oleh sebab itu, bagi USK penghargaan ini sangat berarti untuk mendorong kinerja perguruan tinggi ini,  agar lebih baik  lagi dalam pengelolaan keuangannya.

 “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur. Bagi USK,  penghargaan ini adalah buah dari komitmen perguruan tinggi  ini untuk terus mewujudkan perencanaan dan pelaporan keuangan yang baik,” ucap Rektor.

 Hal yang sama juga disampaikan Agussabti. Menurutnya, selama ini USK terus berupaya untuk  membenahi pengelolaan keuangannya sebaikmungkin.  Sebab pengelolaan keuangan yang baik, ungkapnya, adalah cerminan tata kelola institusi yang baik pula.

 Untuk itulah, Agussabti juga menyampaikan terima kasih kepada DJKN Aceh, yang selama ini telah mendukung USK dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntable.

“Oleh karena itu, kami ingin USK dan DJKN  Aceh dapat terus bersinergi, sehingga pengelolaan aset negara dapat kita lakukan lebih optimal dan bertanggung jawab,” ucapnya.