USK Raih Enam Penghargaan Diktiristek

17.12.2022 Humas

Universitas Syiah Kuala berhasil meraih enam penghargaan pada ajang Anugerah Diktiristek 2022.  Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Rektor IV USK,  Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng pada malam penganugerahan Diktiristek 2022 yang digelar pada kamis malam di The Sultan Hotel & Residence. (Jakarta, 15 Desember 2022.

Adapun keenam penghargaan tersebut adalah gold winner untuk kategori Majalah pada tingkat Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (PTN BLU), silver winner untuk kategori Unit Layanan Terpadu (ULT) tingkat PTN BLU,  bronze winner untuk kategori Laporan Kerja Sama terbaik tingkat PTN BLU.


Lalu silver winner kategori kerja sama dengan industri terbaik tingkat PTN BLU, silver winner kategori Satuan Kerja dengan Pelaporan PDDikti terbaik tingkat PTN BLU, dan silver winner untuk pertumbuhan IKU 6 terbaik.

Seusai menerima penghargaan tersebut, Taufiq menyampaikan rasa syukur dan bangganya terhadap pencapaian USK ini. Menurutnya, prestasi ini sangatlah berarti untuk menambah motivasi USK dalam meningkatkan kinerja khususnya di bidang Kehumasan dan Kerja Sama.

Apalagi saat ini USK telah bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH), sehingga mindset dan kinerjanya haruslah meningkat lebih baik lagi dibanding status sebagai PTN BLU.

"Alhamdulillah, semua ini tentu saja menjadi catatan istimewa bagi USK. Perguruan tinggi ini sedang memasuki masa transisinya menjadi PTN BH, maka prestasi ini sangatlah penting untuk menguatkan komitmen kinerja kami dengan status baru tersebut" ujar Taufiq

Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Tjitjik Srie Tjahjandarie mengungkapkan  Anugerah Diktiristek merupakan bukti komitmen Ditjen Diktiristek untuk mengapresiasi kinerja pemangku kepentingan pendidikan tinggi dalam upaya membangun sumber daya manusia yang unggul dan berdampak pada masyarakat, bangsa, dan negara. 

Tjitjik menjelaskan penghargaan diberikan melalui serangkaian proses seleksi yang meliputi penjurian dan seleksi berdasarkan penarikan data yang mengukur kinerja perguruan tinggi, LLDikti, dan mitra dari kementerian/lembaga dan dunia usaha dunia industri yang berdampak pada masyarakat. 

"Kami berharap semoga pemberian anugerah ini dapat memacu semangat insan pendidikan tinggi untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan program dan kebijakan pendidikan tinggi, riset, dan teknologi," ujar Tjitjik.

Anugerah Diktiristek 2022 memberikan sejumlah penghargaan seperti Anugerah Humas, Anugerah Kerja Sama, Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Anugerah Sumber Daya, Anugerah Kelembagaan, Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Anugerah Prioritas Nasional, Anugerah Mitra Kerja Sama Pendukung Program Diktiristek, serta Anugerah Jurnalis dan Media. Total sebanyak 397 penghargaan diberikan kepada 144 penerima yang berasal dari perguruan tinggi, LLDikti, mitra dari kementerian/lembaga, dunia usaha dunia industri, jurnalis, dan redaksi media.