USK Rawat Sinergitas dengan Universitat Politecnica de Valencia

22.06.2022 Humas

Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melaksanakan kuliah umum internasional. Head of Internasional of Chair of Sport at Universitat Politècnica de València (UPV), Dr. Ivan Salazar Chang dipercayakan sebagai narasumber utama. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium fakultas setempat. (Banda Aceh, 22 Juni 2022).

Dekan FKIP USK, Dr. Drs. Syamsulrizal, M.Kes mengatakan, kuliah umum ini adalah bentuk implementasi dari projek Erasmus+ SPIRIT, sekaligus kunjungan balasan. Sebelumnya, tim USK yang diwakili oleh FP, FK dan FKIP sudah berkunjung ke Valencia, Spanyol.

"Melalui kuliah umum ini, berharap akan menambah pengetahuan. Terutama dalam hal belajar secara mandiri dari sisi mahasiswa dalam mendapatkan jawaban dari pertanyaan mengenai masalah yang ada dan merumuskan konten perkuliahan. Dr Ivan menghidupkan daya pikir kita untuk inovasi dalam pembelajaran," kata Dr Syamsulrizal.

Inti daripada kajian yang pernah dilakukan narasumber, outputnya membuat hasil belajar lebih baik. Latar belakang Ivan adalah ahli psikologi olahraga, berhubungan erat dengan manajemen dalam mengelola olahraga secara profesional. Ia merupakan ketua salah satu badan olahraga di Spanyol.

"Kita siap berkolaborasi dan yang bersangkutan juga siap membantu kemajuan kita. Pada kuliah umum internasional ini, selain teoritik, juga ada beberapa praktik atau sampel kecil dari materi beliau," jelas Dekan FKIP USK.



Pada kesempatan tersebut, Dr Ivan memberikan materi tentang: "Flipped learning and leadership coaching: an innovative style of identifying and developing individual and group talent". Ia mengaku senang dapat berkunjung ke kampus terbaik yang ada di ujung barat Indonesia.

"Saya senang bisa hadir di USK. Di era sekarang ini, dengan kemajuan teknologi, mahasiswa dapat lebih mudah mendapatkan informasi melalui satu klik di internet. Meskipun akses sangat mudah dan punya pilihan untuk mengambil yang akurat, namun pengembangan diri melalui “game” di dalam pembelajaran juga sangat penting, karena menjadi titik awal lahirnya banyak talent yang mampu mengembangkan diri," jelas Dr Ivan.

Untuk diketahui, kuliah umum internasional tersebut dihadiri 250 orang. Terdiri dari mahasiswa dari hampir semua fakultas di USK, serta dosen maupun tendik. Turut hadir Dekan FK, Prof. Dr. Maimun Syukri Sp.PD (K) dan Direktur RSP USK, dr. Iflan Nauval, serta sejumlah tamu undangan.