USK Tuan Rumah IMT-GT Varsity Carnival

27.09.2021 Humas

Universitas Syiah Kuala tampil sebagai tuan rumah pada kegiatan Indonesia-Malaysia-Thailand-Growth Triangle (IMT-GT)  Varsity Carnival 2021, yang untuk pertama kali digelar secara virtual dari tanggal 27 September – 1 Oktober 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng selaku Chairman IMT GT di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 27 September 2021).

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini. Rektor berharap, kegiatan ini dapat semakin meningkatkan jalinan kerja sama antar perguruan tinggi yang tergabung dalam IMT GT Uninet. Semangat kebersamaan ini pun harus mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya menghadapi berbagai permasalahan global.

“Saya sangat senang melihat kuatnya rasa persatuan di antara kita . Semua ini adalah modal penting bagi kita untuk bersama-sama menghadapi tantangan global,” ucap Rektor.

President of IMT-GT Varsity Council Assoc. Prof. Dr. Hendrik Lamsali mengatakan, kegiatan IMT GT yang diselenggarakan USK ini terasa istimewa. Karena inilah pertama kalinya dilaksanakan secara virtual. Hal ini akan menjadi catatan tersendiri dalam sejarah IMT-GT Varsity Carnival.

Ia menambahkan, kegiatan ini sangatlah penting bagi semua anggota IMT GT. Sebab event  ini sangat sesuai dengan tujuan utama dibentuknya IMT GT yaitu untuk menanamkan rasa persatuan dan solidaritas bagi ketiga Negara,  serta membantu para mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka.

Karena itulah, ia menyampaikan terima kasih atas komitmen  USK untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Sebagai Presiden IMT GT, saya ingin sekali lagi mengapresiasi dan memberikan selamat bagi USK atas kerja keras, kegigihan, dan komitmennya untuk melaksanakan carnival ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia IMT GT Varsity Carnival 2021 Dr. Muzailin Affan menjelaskan, USK harus melaksanakan kegiatan ini secara virtual karena dunia saat ini masih dalam kondisi pandemi.  Meskipun demikian, dirinya menyampaikan mengapresiasi atas kuatnya komitmen para peserta IMT GT untuk menyukseskan kegiatan tahunan ini.

Hal ini ditandai dengan tingginya minat peserta untuk ambil bagian dalam kegiatan ini. Muzailin mengungkapkan, sampai saat ini pihak panitia telah menerima 137 video dari berbagai universitas untuk cabang olah raga.  

Pada ajang ini juga ada dua katogori yang diperlombakan untuk bidang kebudayaan, yaitu full performance dan presentasi akademik. Dalam pelaksanaannya, USK turut mendapatkan dukungan dari Universitas Sumatera Utara sebagai penyelenggaran yang bertanggung jawab untuk semua kegiatan seminar.

 “Saya yakin semua pihak telah mendedikasikan segalanya demi memberikan yang terbaik untuk menyukseskan acara ini. Untuk itu, apresiasi yang sangat tinggi untuk kreativitas yang ditunjukkan oleh seluruh universitas terhadap event ini,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Vice President of IMT-GT Varsity Council Asst. Prof. Krisanapong Sangkhasavi, Wakil Rektor III USK Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC selaku  Cum Chairman Committee the 1st Virtual IMT-GT Varsity Carnival serta tamu undangan lainnya.