Wakil Rektor IV

30.05.2021 Humas

 

Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng  lahir di Samalanga, 22 September 1963. Ia menempuh pendidikan sarjananya di Program Studi Teknik Sipil pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala tahun 1989. Selanjutnya, Taufiq Saidi melanjutkan program magisternya di Hokkaido University, Jepang pada tahun 1999. Di kampus ini pula Taufiq Saidi menuntaskan pendidikan doktornya pada tahun 2000.

Setelah menempuh studi di Jepang, Taufik Saidi melanjutkan pengabdiannya untuk menjadi dosen di USK. Lalu ia dipercaya sebagai Ketua Tim Pembentukan Magister Teknik Sipil USK. selanjutnya, dirinya diberikan amanah untuk menjadi Ketua Prodi Magister Teknik Sipil, yang merupakan prodi magister pertama di Fakultas Teknik USK.

Dari tahun 2007 – 2017, Taufiq Saidi ditugaskan sebagai Kepala Laboratorium Terpadu USK. Dalam periode kepemimpinannya tersebut, Lab Terpadu USK ini berhasil meraih akreditasi SNI/IEC 17025.  Selanjutnya, Taufiq Saidi pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kerja Sama Fakultas Teknik USK pada tahun  2009 – 2013.

Lalu Taufiq Saidi dipercaya menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik USK pada periode 2017 – 2021. Dan saat ini dirinya dipercaya sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat USK.

Sebagai dosen, Taufiq Saidi aktif terlibat dalam pendidikan dan penelitian di bidang teknik struktur. Adapun mata kuliah yang diampunya adalah desain struktur beton bertulang, metode elemen, analisis struktur, dinamika struktur, dan teknik gempa.

Pada bidang riset, Taufiq Saidi aktif melakukan penelitian di bidang teknologi beton, struktur beton bertulang, perkuatan struktur beton bertulang, dan analisis struktur serta banyak mempublikasikan hasil risetnya di jurnal dan seminar, baik nasional maupun internasional.

Kepakaran Taufiq Saidi juga turut memberikan kontribusi dalam upaya pembangunan daerah. Misalnya, dirinya pernah dipercaya sebagai Direktur Pendidikan di Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh-Nias (BRR Aceh-Nias) pada 2005 – 2007.

Kepercayaan ini tidak lepas dari pengalamannya sebagai Ketua Satgas Rekonstruksi Aceh (UAR) USK. Gugus Tugas tersebut dibentuk oleh Rektor USK sebagai respon pascagempa dan tsunami pada 2004 silam.

Selain itu, Taufiq Saidi juga tergolong aktif dalam organisasi profesi. Seperti, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Indonesia (LPJK), Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI).

LPJK merupakan organisasi besar di Indonesia pada bidang industri konstruksi. Pada tahun 2008 – 2012, Taufiq Saidi dipercaya sebagai Sekjen LPJKD Aceh. Lalu dirinya dipercaya sebagai Wakil Ketua LPJKD Aceh untuk periode 2011 – 2014.

 

Unduh LHKPN