Wakil Rektor Lantik Empat Kepala UPT Baru Unsyiah

18.05.2020 Humas

Wakil Rektor I Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Marwan melantik empat pejabat baru  untuk menjabat sebagai Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) di lingkungan Unsyiah. Pelantikan yang tetap mematuhi protokol keselamatan Covid-19 ini dilaksanakan  di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 18/5/2020).

Adapun mereka yang dilantik adalah Prof. Dr. Khairul Munadi, ST, M.Eng sebagai Kepala UPT Mitigasi Bencana, Prof. Dr.  drh. M. Hanafiah, M.P sebagai Kepala UPT Kewirausahaan, Drs. Amiruddin, M. Kes sebagai Kepala UPT Asrama dan Dr. Riha Dedi Priantana, SE. Ak, M.Si sebagai Kepala UPT Career Development Centre (CDC).

Prof. Marwan dalam sambutannya mengatakan, dirinya mewakili Rektor Unsyiah mengucapkan selamat atas pelantikan empat Kepala UPT Unsyiah yang baru ini. Selama ini UPT merupakan ujung tombak Unsyiah untuk semua layanan, baik kepada mahasiswa, dosen dan masyarakat secara luas.

Di sisi lain, masa jabatan Kepala UPT ini adalah sepanjang masa kerja Rektor Unsyiah saat ini yaitu hingga tahun 2022.

“Untuk itulah, kepemimpinan yang baru ini semoga bisa memberikan suasana berbeda dalam upaya memperkuat UPT Unsyiah, sehingga bisa mendukung kinerja perguruan tinggi ini ke depannya,” ucap Prof. Marwan.

Prof. Marwan juga mengapresiasi atas sejumlah kinerja UPT Unsyiah saat ini. Seperti UPT Mitigasi Bencana, yang dalam beberapa tahun terakhir ini telah menunjukkan kinerja yang sangat signifikan. Di mana lembaga ini menjadi salah satu lembaga riset Unsyiah yang berhasil meraih predikat Pusat Unggulan Iptek (PUI) dari Kemenristekdikti.

 “UPT Mitigasi Bencana atau lebih dikenal TDMRC Unsyiah, telah menjadi rujukan mitigasi bencana di Indonesia. Bahkan lembaga riset ini telah berkiprah di tingkat internasional,” ucap Prof. Marwan.

  

Begitu pula UPT Kewirausahan, yang selama ini telah banyak membantu mahasiswa dalam upaya membuka jalan mereka untuk menjadi seorang entrepreneur. Kehadiran UPT Kewirausahan juga sangat penting bagi Unsyiah, sebab melalui lembaga inilah Unsyiah memberikan pembinaan kepada mahasiswa. Tujuannya, agar setelah lulus mereka tidak hanya sekadar mencari kerja, tapi mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Prof. Marwan juga memberikan apresiasi kepada UPT Asrama Unsyiah, khususnya selama pandemi Covid-19 ini. UPT Asrama telah memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa yang tetap tinggal di asrama selama wabah ini. Sebagian besar mereka adalah mahasiswa dari luar daerah dan mahasiswa asing Unsyiah. Dukungan seperti ini, menurut Prof. Marwan, tentu sangat berarti bagi mereka yang jauh dari keluarganya di tengah kondisi pandemi ini.

Sementara untuk UPT CDC Unsyiah, Prof. Marwan menilai lembaga ini merupakan modal bagi Unsyiah untuk mengukur parameter lulusan Unsyiah. Sebab UPT CDC mampu memberikan data dengan berbagai survey untuk mengukur kualitas lulusan Unsyiah. Data  tersebut juga merupakan indikator penting bagi akreditasi Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, Prof. Marwan berharap pejabat baru ini bisa terus meningkatkan kinerjanya. Dan selalu melakukan koordinasi dengan pimpinan terkait, sehingga setiap permasalahan dapat segera ditemukan solusinya.

“Karena ini telah menjadi komitmen kita bersama, untuk bergerak secara sinergis dalam mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi ini, sehingga kehadirannya bisa memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat,” ucap Prof. Marwan.

Turut hadir dalam pelantikan ini Wakil Rektor II Dr. Ir. Agussabti, M.Si, Wakil Rektor III Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC, Wakil Rektor IV Dr. Hizir, dan beberapa Dekan serta Kepala Biro di lingkungan Unsyiah.