WR III USK Lantik 28 Pengurus UKM

21.01.2022 Humas

Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala Dr. Hajjul Kamil, S. Kp., M. Kep melantik 28 pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk masa bakti tahun 2022 di Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 20 Januari 2022).

Seluruh pengurus UKM USK yang dilantik ini terdiri dari berbagai bidang. Baik yang bergerak pada bidang olah raga, seni, keagamaan, sosial dan minat bakat.

Hajjul Kamil dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus UKM yang baru, dan mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang lama atas dedikasinya selama ini.

Kepada pengurus yang baru ini, Hajjul Kamil berpesan, agar mereka dapat terus meningkatkan pembinaan melalui berbagai program kegiatan, sehingga mampu meningkatkan reputasi USK mulai dari tingkat daerah, nasional hingga internasional. Terkait hal ini, Hajjul Kamil pun mengingatkan para pengurus  untuk dapat berinovasi pada berbagai program kegiatannya.

Apalagi pada tahun ini, USK akan mengikuti tiga event besar yaitu multi event dari Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT GT), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas), dan Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS).

Untuk menyambut event besar tersebut, maka USK akan mulai melakukan penjaringan dan pembinaan sehingga dapat melahirkan para atlet atau pelaku seni yang siap berkompetisi pada event tersebut.

“Untuk itu, kami harap pengurus baru ini bisa bersungguh-sungguh melakukan pembinaan. Dan sebaiknya setiap UKM harus punya program unggulan, yang dapat mendorong kreativitas mahasiswa,” ucapnya.

Sebab Hajjul Kamil menilai, keberadaan UKM ini sangat penting baik secara institusi maupun bagi mahasiswa sendiri. Misalnya untuk universitas, program kegiatan UKM dan prestasi yang berhasil mereka raih, dapat membantu universitas dalam mencapai berbagai Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas.

Sementara bagi mahasiswa, keberadaan UKM ini sangat penting sebagai ruang ekspresi atau tempat mereka mangembangkan minat dan bakatnya. Karena itulah, pimpinan Universitas sangat mendorong mahasiswa untuk tidak hanya cerdas secara akademik, tapi dapat juga terlibat aktif pada berbagai kegiatan positif yang dilakasanakan UKM.

Oleh sebab itu, Hajjul Kamil berpesan agar pengurus baru ini untuk selalu menjalin komunikasi dengan pimpinan Universitas, dalam hal ini Biro Kemahasiswaan dan Alumni serta Dosen Pembina yang telah ditunjuk.

“Jangan sampai pengurus UKM tidak kenal dengan pembinanya. Inilah fungsi lain aktif di UKM, yaitu untuk membentuk karakter mahasiswa yang berintegritas,” ucapnya.