Zoonokids, Buku Tiga Dimensi Karya Mahasiswa FKH USK

25.08.2021 Humas

Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Syiah Kuala (USK), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) membuat buku tiga dimensi yang berjudul Zoonokids, Ayo Belajar Mengenal Monzo.

Buku Zoonokids juga dilengkapi barcode yang bisa di-scene di ponsel, berisi video animasi dan lagu anak tentang zoonosis, selaras dengan perkembangan teknologi. Buku ini diterbitkan oleh UPT Percetakan dan Penerbitan Unsyiah.

Tim ini diketuai Dara Pandan Ninggara Arianto, dengan empat anggotanya, Muhammad Rifqi Al- Ikhzan, Mala Firanti Anursa, Wanda Ferdiansyah dan Muhammad Ridho Fahkrozi.

Dara Pandan mengungkapkan bahwa, WHO mendefinisikan zoonosis sebagai suatu infeksi atau penyakit, yang secara alamiah dapat ditularkan dari hewan vertebrata ke manusia. Menurut World Organisation for Animal Health (OIE) penyakit yang tergolong dalam zoonosis yang tersebar ke seluruh penjuru dunia dan ditemukan di Indonesia misalnya antraks, rabies, leptospirosis, brucelosis, toxoplasmosis, tuberkolosis, salmonellosis, avian Influenza dan lain-lain.

"Maka dari itu, Zoonokids hadir sebagai media baru dalam pembelajaran yang menarik minat baca anak. dengan sudut pandang tiga dimensi serta penjelasan yang mudah dipahami tentang pengertian, bahaya dan pencegahan zoonosis agar anak-anak lebih peduli dengan kesehatan sejak dini," katanya, Rabu (25/8).

Rendahnya minat baca di Indonesia yang berbanding terbalik dengan tingginya angka penggunaan gawai, menjadikombinasi sempurna dari produk buku zoonokids, dengan adanya barcode di dalam buku, yang bisa langsung terhubung pada gawai akan menjadi daya tarik lebih terhadap buku Zoonokids.

Berbagai proses telah dilewati tim zoonokids mulai dari konsep ide, desain buku, mengarang cerita, menulis lagu dan membuat video animasi untuk barcode. Hingga akhirnya buku zoonokids sampai ditahap percetakan.

"Tim zoonokids berharap buku tiga dimensi ini dapat menjadi pembelajaran yang menyenangkan untuk anak-anak, agar dapat memahami dan menjaga kebersihan," tutur Dara.

Nah, jika anda tertarik untuk membaca Zoonokids, bisa didapatkan (beli), ataupun kepoin dulu  Instagramnya di @zoonokids.official.