Mawardi Pimpin PDIA

Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP-Unsyiah), Drs. Mawardi, M.Hum ditunjuk sebagai direktur baru Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh (PDIA) menggantikan pejabat lama, Dra. Zunaimar. Penunjukan tersebut berdasarkan surat keputusan Gubernur Aceh dengan nomor 821.2/714/2016 bersama Rektor Unsyiah dengan nomor 1837 tahun 2016 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Direktur PDIA. Serah terima jabatan tersebut berlangsung di kantor PDIA pada Kamis, 15 September 2016.

             Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unsyiah, Prof. Dr. Husni, S.H., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan, PDIA adalah salah satu lembaga yang unik, karena dinaungi oleh dua institusi besar yaitu Pemerintah Aceh dan Unsyiah. Mengenai kelembagaan, manajemen PDIA berada di bawah Unsyiah. Sedangkan keuangannya berada di bawah tanggung jawab Pemerintah Aceh.

“Di samping itu, Direktur PDIA yang baru harus mampu membawa lembaganya menjadi lebih maju dan berkembang pesat. Pemimpin lama telah berhasil memajukan PDIA. Jadi, kemajuan tersebut harus diteruskan oleh kepemimpinan yang baru,” ujar Guru Besar Fakultas Hukum Unsyiah tersebut.

Menurutnya, dunia sejarah sangat disukai oleh para peneliti dan wisatawan lokal maupun internasional. Mereka ingin melihat Aceh dari dekat. Salah satunya dengan berkunjung ke PDIA. Maka PDIA harus mampu mengakomodir kebutuhan para pengunjung atau wisatawan tersebut untuk menunjukkan profesionalitas lembaga.

            “Mengenai pergantian pimpinan, hal itu sangat lumrah terjadi dalam sebuah lembaga dan merupakan sebuah keharusan. Apalagi Direktur PDIA yang lama sudah memasuki masa pensiun. Jadi, pergantian ini sangat wajar. Kita berharap semoga PDIA bisa lebih maju dan mampu menyajikan seluruh informasi dan dokumentasi, khususnya mengenai sejarah Aceh,” pungkasnya.

            Serah terima jabatan tersebut disaksikan oleh Dekan dan Wakil Dekan II FKIP, Kabag Kepegawaian, Kabag Tata Usaha, Kasubbag Tata Usaha, Kasubbag HTL, Kasubbag Rumah Tangga, Kasubbag Tenaga Pendidikan, dan para staf Unsyiah bersama para pengurus dan staf PDIA.

 

 

Editor: Reza Fahlevi