Dubes Kazakhstan Kenalkan Negaranya di Unsyiah

20.05.2015 Humas

Duta Besar Kazakhstan, Askhat T Orazbay untuk pertamakalinya mengunjungi Universitas Syiah Kuala, Rabu (20/5). Kunjungan singkat ini disambut langsung oleh Rektor Unsyiah, Samsul Rizal beserta para Dekan dari berbagai Fakultas di Unsyiah. Dalam kunjungan ini, Askhat memperkenalkan negaranya di hadapan ratusan mahasiswa Unsyiah di gedung VIP AAC Dayan Dawood. Ia memaparkan keunggulan negara yang dulunya pecahan dari Uni Soviet ini.

“Khazakstan merupakan negara strategis yang letaknya diantara dua benua; Asia dan Eropa. Ini yang menjadikannya sangat strategis dan berkembang.”

Askhat juga menjelaskan, negara Kazakshtan sangat menjunjung tinggi nilai toleransi antar penganut agama berbeda. Sistem pendidikannya yang baik, menjadikan Kazakhstan memiliki beragam universitas  unggul yang layak menjadi referensi untuk melanjutkan studi. Selain itu, pertumbuhan ekonomi per kapitalnya terbilang sangat bagus hingga mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Askhat berharap kunjungannya pertama kali ke Unsyiah ini, mampu membangun jalinan kerjasama yang baik antara keduanya yang memiliki sedikit persamaan kultur dan agama ini. Ia juga menceritakan keunggulan Astana, ibukota Kazakhstan yang saat ini terkenal sebagai kota modern di dunia yang menawarkan arsitektur bangunan yang menawan dengan fasilitas canggih. Tak heran, Astana kerap dijadikan lokasi pertemuan  beragam acara internasional yang melibatkan banyak negara.

“Aceh merupakan daerah yang berpotensi besar untuk maju. Harus menjadi good professional ke depannya, sekaligus mampu melahirkan para ahli dibidangnya.” harap Askhat yang dalam kesempatan yang sama, mengapresiasi Unsyiah yang menerima mahasiswa dari Kazakhstan.

Rektor Unsyiah menyambut baik kunjungan Dubes Kazakshtan, ia berharap kunjungan ini mampu menciptakan hubungan erat sekaligus menjalin kerjasama antar keduanya. Ia juga mengajak para mahasiswa untuk mengenal dan menggali lebih dalam tentang khasanah, budaya, serta ilmu pengetahuan dari Kazakhstan.

Dalam kunjungan ini, Dubes Kazakhstan menyerahkan beragam souvenir, plakat serta brosur mengenai negaranya. Sedangkan Rektor Unsyiah menyerahkan cenderamata berupa plakat dan kopi luwak Aceh. (fht)