Nasib 496 Orang Calon Mahasiswa Unsyiah Dipertanyakan

22.05.2015 Humas

Sebanyak 496 orang calon mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang sebelumnya telah dinyatakan lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2015 masih belum jelas status kemahasiswaannya di Unsyiah. Hal ini terungkap setelah pihak Unsyiah mengumumkan hasil verifikasi dokumen para calon mahasiswa tersebut pada Jumat sore (22/5).

Sebelumnya, sebanyak 2.350 orang mahasiswa Unsyiah dinyatakan lulus SNMPTN, namun masih harus melalui proses verifikasi rapor dan dokumen lainnya yang mereka upload online melalui laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Sejauh ini, baru sebanyak 1.996 orang calon mahasiswa yang telah menyerahkan dokumen untuk diverifikasi, dan hasil verifikasi yang dilakukan Rabu-Kamis lalu menyimpulkan bahwa 1.854 orang calon mahasiswa dinyatakan lulus verifikasi. Mereka ini juga masih mungkin gugur sebagai mahasiswa Unsyiah jika tidak hadir pada kegiatan pembekalan yang akan dilakukan pada tanggal 9 Juni 2015 nanti.

Sementara untuk mereka yang belum menyerahkan dokumen yang diminta, masih diberi kesempatan untuk menyerahkan dokumen tersebut pada Senin, tanggal 25/5 mendatang. Sementara, untuk mereka yang telah diverifikasi tetapi namanya tidak tercantum dalam pengumuman yang dinyatakan lulus juga diberi kesempatan untuk mengklarifikasi data-data mereka tersebut.

Klarifikasi ini akan dilakukan pada hari Senin dan Selasa, tanggal 25 dan 26 Mei mendatang. Sebaiknya yang datang untuk melakukan klarifikasi adalah Kepala Sekolah atau Wakil Kepala Sekolah dengan membawa semua dokumen yang dibutuhkan, seperti buku induk dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Mereka yang tidak termuat namanya dalam pengumuman tersebut dianggap bermasalah dengan rapor mereka dan perlu memberi penjelasan lebih lanjut.

Jika klarifikasi pada waktu yang telah ditentukan tersebut tidak dilakukan maka secara otomatis kelulusan siswa dinyatakan gugur. Kelulusan dan hasil verifikasi data siswa ini dapat dipantau di laman pmb.unsyiah.ac.id.

Seperti juga tahun-tahun sebelumnya, Unsyiah membentuk tim khusus untuk memverifikasi dokumen yang telah diupload oleh siswa dan sekolah ke dalam PDSS. Tim ini terdiri dari para Ketua Program Studi di lingkungan Unsyiah.