Press Release Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro (SNETE) yang ke-4

24.08.2014 Humas

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik dan Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala bekerja sama dengan Politeknik Negeri Medan kembali menyelenggarakan Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro (SNETE) yang ke-4 tahun 2014, Selasa (19/8), di Hotel Santika Dyandra, Medan. Seminar ini terselenggara dengan sukses atas dukungan beberapa sponsor yaitu PT. Telkom Indonesia, PT. Visikom Citra Perkasa, PT. Buana Prima Raya, Bank Mandiri, dan Berca.

Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Dr. Ir. Mirza Irwansyah, MBA., MLA. Dalam sambutannya, Mirza mengatakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangatlah penting untuk ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini. Dia menambahkan, universitas sebagai center of knowledge dituntut untuk terus mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang TIK guna mendukung pertumbuhan pesat bidang TIK tersebut.

Ketua Panitia SNETE 2014, Dr. Rusdha Muharar mengatakan, acara yang dihelat sebagai media desiminasi hasil penelitian dan perkembangan terkini bidang elektro ini mengambil tema “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Meningkatkan Inovasi, Daya Saing Bangsa dan Keamanan Nasional”. Seminar diawali dengan pemaparan tiga narasumber yang mewakili praktisi, akademisi, dan industri yaitu IGN Mantra (Ketua ACAD-CSIRT, Pengamat Cyber Security), Dr. Fitri Yuli Zulkifli (Antenna Propagation and Microwave Research Group Universitas Indonesia), dan Arthur Siahaan (Director of System Engineering, PT. Cisco Systems Indonesia), yang mendiskusikan isu-isu terkini tentang perkembangan sains dan teknologi khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Teknik Elektro.

Seminar ini juga merupakan media desiminasi hasil-hasil penelitian dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala dan universitas-universitas nasional lainnya. SNETE 2014 menampilkan penyajian 41 makalah yang berasal dari beberapa universitas nasional di antaranya Universitas Udayana, Universitas Bengkulu, Universitas Gunadarma, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Syiah Kuala.

Di samping seminar, SNETE 2014 juga menghadirkan Expo yang menampilkan hasil-hasil penelitian perguruan tinggi yaitu Politeknik Negeri Medan dan Universitas Panca Budi. Sedangkan dari kalangan industri yang berkesempatan hadir dalam expo tersebut adalah PT. Visicom Citra Perkasa, Telkomsel, dan Gramedia.

SNETE pertama tahun 2011 diselenggarakan di Banda Aceh bersama dengan Politeknik Aceh. SNETE ke-2, Jurusan Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara dengan menyelenggarkannya di Medan. SNETE 2013 di Banda Aceh menggandeng beberapa universitas dalam Provinsi Aceh yaitu Universitas Malikussaleh, Politeknik Negeri Lhokseumawe dan Politeknik Aceh. Seminar ini menjadi ajang temu ilmiah bagi seluruh stakeholders seperti peneliti, akademisi, dan industri serta praktisi untuk berbagi ilmu dan pengalaman, serta munculnya karya-karya kreatif dan inovatif bidang ilmu teknik elektro dan TIK yang dapat menjadi solusi bagi pembangunan Nasional.