Unsyiah Tuan Rumah Selekda 2015

26.05.2015 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) terpilih menjadi tuan rumah Seleksi Daerah (Selekda) Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XIV se-provinsi Aceh. Acara yang dibuka oleh Pembantu Rektor (Purek) III Unsyiah, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC.,  turut dihadiri Saiful Bahri Kabid Olahraga Dispora Aceh, Pembantu Rektor dari  berbagai perguruan tinggi, pelatih, wasit, dan ratusan kontingen atlet, yang dipusatkan di gedung Gelanggang Mahasiswa Unsyiah, Senin sore (25/5).

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC., merasa bangga dan bahagia dapat berkumpul bersama seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Aceh. Kegiatan ini juga menjadi ajang prestasi dan silaturahmi persaudaraan bidang olahraga.

“Kegiatan ini merupakan multibidang olahraga mahasiswa dan merupakan titik kolaborasi bagi pembina olahraga dengan perguruan tinggi di Aceh.”

Kegiatan Selekda diikuti 19 perguruan tinggi di Aceh dengan total jumlah 724 atlet dan 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, renang, pencak silat, karate, tarung derajat, bola basket, bola voli, futsal, sepak takraw, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, panahan dan catur. Serta empat cabang olahraga eksibisi yaitu kempo, wushu, petanque dan gulat. Selekda ini akan berlangsung mulai tanggal 25-30 Mei yang dipusatkan di venue lingkungan Unsyiah dan beberapa venue lainnya di luar Unsyiah.

Alfiansyah juga menambahkan, kegiatan ini selain dapat menoreh prestasi bagi generasi muda, juga mampu mengharumkan nama bangsa serta mencegah generasi muda dari tindakan kriminal dan penyalahgunaan narkoba. Dengan kegiatan ini juga, ia berharap  seluruh elemen dapat menggerakkan dan mengembangkan kegiatan olahraga di Perguruan Tinggi masing-masing.

“Selamat bertanding tetap menjunjung tinggi sportivitas, pupuk rasa persaudaraan dan kesatuan bangsa.” pesan Alfiansyah.

Penunjukkan Unsyiah sebagai tuan rumah Selekda juga disambut baik oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. Dalam sambutannya yang dibacakan Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC., ia mengharapkan lahirnya atlet berprestasi di Aceh. Penunjukan Unsyiah sebagai tuan rumah Pomnas XIV akan mendorong peran Perguruan Tinggi di Aceh untuk melahirkan atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama perguruan tinggi, dan provinsi Aceh.

“Kita juga ingin menunjukkan bahwa mahasiswa dapat berprestasi dan Aceh juga mampu menyelenggarakan even tingkat nasional”, ujar prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng.

Penyelenggaraan kegiatan Selekda merupakan persiapan atlet provinsi Aceh untuk menghadapi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional Mahasiswa (POMNAS)  ke XIV yang di jadwalkan dilaksanakan tanggal 14 sampai 21 november 2015 di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. (Syr)